Agenda TKI Saudi di Jumat Pagi

  • 13 Oktober 2017
  • 370 views
Agenda TKI Saudi di Jumat Pagi

Setelah sepekan penat menjalani rutinitas bekerja, Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di Arab Saudi hanya memiliki waktu satu pagi di hari Jumát yang bisa melepaskan booring tersebut. Beruntung jika mendapatkan libur 2 hari, Jumat dan Sabtu bagi sebagian TKI formal di perkantoran atau perusahaan.

Di antara aktivitas mengisi Jumat pagi tersebut adalah berolahraga; sepak bola atau futsal. Sebagian lainnya, menuruti hobi masing-masing, seperti memancing, atau bulu tangkis. Tapi meskipun demikian, ada yang memilih kerja lembur (over time), mengingat tambahan jam kerja di hari libur dihitung dua kali lipat, siapa yang tidak tertarik?

Terutama menjelang musim dingin di bulan Oktober saat ini, kegiatan outdoor akan semakin marak. Mayoritas TKI yang gemar berolahraga sepak bola misalnya, akan tampak sejak pagi hari berada lapangan, di saat rata-rata orang Arab berdiam di dalam rumah menahan dingin.

Ritual tahunan kompetisi sepak bola antar TKI pun segera bergulir. Memanfaatkan fasilitas lapangan yang biasa dirawat penduduk sekitar, meskipun beralas pasir, bukan rumput hijau seperti di Tanah Air. Turnamen bola biasanya diadakan di masing-masing kota tempat tinggal TKI. Seperti di Jeddah, biasa diadakan turnamen tahunan yang diselenggarakan oleh PSTKI (Persatuan Sepakbola Tenaga Kerja Indonesia) Jeddah. Di kota yang sama terdapat juga Turnamen Piala Champion.

Di Kota Riyadh, PSTKI di ibu kota Arab Saudi tersebut, biasa menyelenggarakan Piala Tahunan dan liga sepanjang tahun. Tak kalah di Wilayah Timur Arab Saudi, kompetisi tahunan Dammam Cup biasa diadakan di penghujung tahun hingga memasuki awal tahun, bertepatan dengan musim dingin.

Bagi kita yang gemar sepak bola, tidak ada salahnya ikut meramaikan dengan menonton pertandingannya. Terutama, di Wilayah Timur, tempat diselenggarakannya Dammam Cup, bisa sambil menikmati kuliner nusantara yang biasa dijual di pinggir lapangan selama musim kompetisi. Karena, sebagian warga Indonesia justru ingin menikmati kulinernya yang jarang didapat selama merantau di negeri Haromain ini, daripada menyaksikan pertandingannya! Selamat menikmati!

Ditulis oleh: admin

Konten Terkait