Cara Mudah Menyewa Mobil

  • admin
  • 15 Oktober 2017
  • 184 Views
Cara Mudah Menyewa Mobil

Bagi Anda yang memiliki hajat untuk menyewa (rental) mobil di Arab Saudi, prosesnya sangat mudah dan cukup murah. Kebutuhan rental mobil sangat diperlukan saat Anda berpergian ke luar kota tanpa membawa kendaraan sendiri. Berikut beberapa tipsnya.

Sewa Mobil Sesuai Kebutuhan

Jika Anda membutuhkan mobil untuk keperluan sendiri atau keluarga kecil dua anak, maka pilihan sewa mobil sedan adalah pilihan yang tepat. Untuk kelas mobil seperti Yaris (Toyota), Accent (Hundai) atau yang sekelas, rata-rata di bawah 100 reyal/hari. Itupun tergantung model dan keluaran tahun mobil tersebut, bisa mulai 80 hingga 95 reyal/hari.

Adapun kelas mobil di seperti Corolla (Toyota), Elantra (Hyundai) atai Cerato (KIA), rata-rata berkisar 120 sampai dengan 150 reyal/hari. Ini juga tergantung model dan tahun keluaran mobil tersebut. Mobil dengan model standar dan full option berbeda harga, begitu juga keluaran tahun 2016 dan 2018 berpengaruh terhadap harga sewa.

Jika Anda membutuhkan kendaraan SUV (minibus), maka harus siap merogoh kocek lebih dalam lagi mulai 200 reyal lebih untuk perhari. Dan perlu Anda tahu, jasa rental mobil pun siap menyewakan mobil-mobil mewah seperti BMW, Jaguar, Mercedes, Land Rover, Lexus dan merk mewah lainnya. Tentunya, harga sewanya bisa berlipat dari merk mobil biasa.

Berikut gambaran harga sewa mobil berdasarkan kelasnya.

Biaya di atas belum termasuk jika terjadi kelebihan kilometer. Setiap hari Anda diberi jatah 200 km, jika melewati jarak tersebut, rata-rata perusahaan rental membebanka 0.60 reyal/km.

Persyaratan Sewa Mobil

Perusahaan penyedia jasa sewa mobil hanya meminta iqomah untuk dibuatkan tafwidh (surat kuasa pengunaan kendaraan) dari pemilik mobil (perusahaan rental mobil) kepada Anda. Setelah itu, diminta memberikan nomor HP yang terigistrasi atas nama yang sama dengan iqomah Anda. Beberapa saat setelah dibuatkan tafwidh, akan ada SMS kode yang akan dimasukkan ke sistem asuransi oleh pihak penyewa rental mobil.

Akan lebih baik jika menyewa mobil ke perusahaan yang memiliki kerjasama/kontrak sewa kendaraan dengan sponsor/perusahaan tempat Anda bekerja. Tetapi jika tidak ada, maka biasanya pihak perusahaan rental meminta uang jaminan untuk asuransi, kira-kira 500 reyal. Uang itu akan dikembalikan saat Anda mengembalikan mobil sewaan.

Beberapa perusahaan rental menyediakan layanan online, bahkan ada yang kelas premium seperti Samara Rental Car yang berkantor pusat di Khobar, Wilayah Timur Arab Saudi. Perusahaan besar semacam Aramco, Halliburton, maskapai penerbangan internasional, dan lain-lain merupakan partner perusahaan jasa rental mobil berkelas ini.[]

 

Tema Terkait