330 Ribu Ekspatriat di Saudi Bekerja di Usia Lanjut

  • 17 November 2017
  • 404 views
330 Ribu Ekspatriat di Saudi Bekerja di Usia Lanjut

Statistik Majalah “Mal” yang dikutip surat kabar “Okaz,” menyebutkan bahwa lebih dari 330.000 ekspatriat yang bekerja di Arab Saudi berusia di atas 60 tahun pada paruh pertama tahun ini.

Jumlah tersebut mendorong beberapa pengguna Twitter warga Saudi menuntut pemerintahnya membatasi usia bagi orang asing yang bekerja di Arab Saudi. Sementara netizen lainnya meminta negara-negara Arab Teluk (GCC) membatasi masa tinggal orang asing hingga tiga periode (enam tahun) saja, jika telah melewatinya, maka izin tinggal tidak dapat diperbaharui.

Sementara itu, didapati sejumlah ekspatriat sengaja menambah usia mereka di dokumennya saat pertama kali bekerja di negara Arab Saudi. Hal demikian dikarenakan saat itu belum cukup umur, sehingga setelah beberapa tahun menetap di Saudi, mereka memasuki masa pensiun.

Menurut Okaz, tenaga kerja asing terbanyak berasal dari India, sebanyak 3 juta ekspatriat. Disusul Pakistan, 2.5 juta pekerja, kemudian Mesir dengan 1.4 juta orang dan Yaman sejumlah 1.2 juta warganya bekerja di Arab Saudi. Tercatat total lebih dari 13 juta pekerja asing dari negara-negara lainnya seperti Indonesia, Nepal, Srilanka dan lain-lain yang kini mengadu nasib di Arab Saudi.[]

Ditulis oleh: admin

Konten Terkait