Saudi Segera Berlakukan Mata Uang Reyal Dalam Bentuk Koin

  • admin
  • 2 Desember 2017
  • 104 Views
Saudi Segera Berlakukan Mata Uang Reyal Dalam Bentuk Koin

Seluruh bank di Arab Saudi saat ini sedang menyiapkan transisi dari 1 dan 2 reyal uang kertas menjadi bentuk koin. Proses ini dilakukan dengan menyortir, menghitung dan mengumpulkannya di bank masing-masing.

Badan Moneter Arab Saudi (SAMA) mengeluarkan edaran ke seluruh bank agar secara bertahap menghentikan transaksi dengan menggunakan uang kertas 1 reyal secara bertahap sampai tidak didapati lagi di seluruh cabang bank.

SAMA sebelumnya telah meluncurkan rancangan koin baru dalam berbagai denominasi, termasuk satu riyal dan dua koin riyal baru. Koin lainnya yang di denominasi adalah 50 halala, 25 halala, 10 halala dan 1 halala.

Dalam sebuah konferensi pers saat peluncuran mata uang tahunan, SAMA menjelaskan telah melakukan prosedur untuk menggunakan uang berbentuk koin di semua bank umum. Hasilnya menunjukkan bahwa mesin pengecekan dengan kecepatan tinggi telah terpasang dan penggunaan uang koin segera diterapkan untuk sirkulasi keuangan.

Surat kabar Al-Eqtisadiah melaporkan bahwa bank-bank di Arab Saudi terus mempersiapkan transisi uang riyal ke koin dalam berbagai tahap. Proses ini dapat memakan waktu hingga enam bulan. Selama proses tersebut, akan diawasi oleh sebuah perusahaan yang secara khusus menganganinya. AN

Tema Terkait