500 Ribu Reyal Sanksi Denda Bagi yang Menghina SARA di Arab Saudi

  • 19 Desember 2017
  • 301 views
500 Ribu Reyal Sanksi Denda Bagi yang Menghina SARA di Arab Saudi

Rekomendasi baru yang diajukan untuk disetujui di Dewan Syura Arab Saudi, adalah denda sebesar 500 ribu reyal bagi siapa saja yang terbukti menghina agama atau kelompok atau ras tertentu.”

Hal ini disampaikan oleh Dima Al-Shareef, seorang ahli hukum Saudi, kepada Arab News:Sebuah proyek untuk mempelajari praktik-praktik diskriminatif diluncurkan di bawah payung

“Sistem (hukum yang ada) mengusulkan hukuman penjara tujuh tahun dan denda mulai dari SR500.000 untuk siapa saja terbukti bersalah menghina agama atau kelompok atau ras tertentu,” Al-Shareef menambahkan.

Masyarakat Nasional untuk Hak Asasi Manusia (NSHR) menegaskan dukungannya terhadap undang-undang anti-diskriminasi. Dalam tweet baru-baru ini, NSHR mengatakan: “Prinsip #No_diskriminasi adalah sebuah prinsip komprehensif dalam hukum hak asasi manusia internasional. Ini telah ditegaskan oleh semua perjanjian utama dalam hak asasi manusia. ”

NSHR turut berusaha dalam berkontribusi membangun masyarakat yang adil dan setara sesuai dengan hukum Islam yang menyerukan toleransi dan menolak ketidakadilan dan ekstremisme.

Sementara itu, prinsip hak asasi manusia telah menegaskan bahwa diskriminasi dalam penyediaan layanan atau kebijakan adalah pelanggaran hukum yang terang-terangan.

Dima Al-Shareef juga menjelaskan bahwa diskriminasi rasial sebagaimana yang termaktub dalam Pasal 1 Konvensi PBB tentang Penghapusan Segala Bentuk Diskriminasi Rasial pada tahun 1965. AN

Ditulis oleh: admin

Konten Terkait