Pemerintah Provinsi Makkah Menghapus 4 Situs di Taif yang Biasa Dikunjungi Jemaah Umrah dan Haji untuk Tabaruk

  • 19 Februari 2018
  • 1,077 view
Pemerintah Provinsi Makkah Menghapus 4 Situs di Taif yang Biasa Dikunjungi Jemaah Umrah dan Haji untuk Tabaruk

Amir Provinsi Makkah, Pangeran Khaled al-Faisal, dalam kunjungannya baru-baru ini ke Taif, telah menginstruksikan pejabat setempat untuk menghapus empat tempat yang sering dikunjungi oleh jemaah umrah dan haji dari berbagai negara untuk mencari berkah (tabaruk).

Keempat lokasi tersebut terletak di Desa Bani Saad di daerah Misan, wilayah kota Taif, yang terdapat dua pohon dan sebuah batu. Jemaah umrah sengaja mendatangi lokasi tersebut untuk memeluk dan menciumi pohon dan batu berharap keberkahan dari Allah, sebagaimana foto dan videonya tersebar di media sosial.

Lokasi ketiga yang dijadikan destinasi “wisata religius” sebagaian kaum muslimin, adalah tiga ruangan yang digunakan sebagai tempat khusus shalat. Sementara lokasi keempat adalah sebidang tanah tempat yang biasa digunakan para jemaah duduk berjam-jam berharap barokah.

Kunjungan dan praktik semacam itu tidak pernah ada diajarkan dalam Alquran maupun hadits Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Untuk itu, sebuah komite yang terdiri dari polisi, pemerintah kota dan Kementerian Urusan Islam, segera melaksanakan instruksi Amir Makkah, dengan cara menebang dua pohon, dan meratakan batu dan sebidang tanah yang menjadi lokasi “sakral” bagi sebagian orang.

Pangeran Khaled juga memerintahkan pembentukan sebuah komite yang terdiri dari perwakilan polisi dan sejumlah departemen di pemerintahan yang peduli dengan layanan haji untuk menyelidiki pelanggaran tersebut.

Komite akan menyelidiki perusahaan jasa umrah yang dengan sengaja mengangkut jemaah ke tempat-tempat tersebut dan akan akan dikenakan sanksi sesuai peraturan yang ada. SG

Ditulis oleh: admin

Konten Terkait