Festival Bunga di Yanbu Menarik Puluhan Ribuan Pengunjung

  • 19 Maret 2018
  • 567 views
Festival Bunga di Yanbu Menarik Puluhan Ribuan Pengunjung

Festival bunga yang diselenggarakan oleh Royal Commission of Yanbu telah menarik puluhan ribu pengunjung setiap harinya. Sejauh ini, 1,5 juta orang telah mengunjungi kota industri yang terletak 300 km dari arah barat laut kota Jeddah, untuk menyaksikan pameran bunga tahunan di tengah cuaca yang menyenangkan dan ramah.

Saleh Abdullah Zahrani, ketua panitia Festival Bunga dan Pertamanan Yanbu, mengatakan kepada Saudi Gazette bahwa tahun ini festival ini telah memecahkan rekor dalam jumlah pengunjung.

“Saat ini tercatat lebih dari 1,5 juta pengunjung, ini memecahkan rekor yang ditetapkan pada musim sebelumnya. Kami masih memiliki satu minggu lagi, bagi yang belum pergi ke tempat ini, yang kami harapkan akan datang ribuan pengunjung lagi,” katanya.

Pada akhir pekan, festival ini mencatat rata-rata 150 ribu pengunjung datang setiap hari, menurut Zahrani.

Dia mengatakan sejumlah besar keluarga ekspatriat dari berbagai wilayah Arab Saudi telah mengunjungi festival tersebut.

“Kami mengamati bahwa lebih dari 25 persen pengunjung kami adalah ekspatriat India,” kata Zahrani.

Dia mengatakan bahwa Komisi Kerajaan Yanbu ingin mengubah festival bunga ini menjadi sebuah acara yang menandai kalender hiburan tidak hanya untuk masyarakat di wilayah ini, tetapi juga untuk seluruh Arab Saudi, sebagaimana festival bergengsi Janadriyah di Riyadh.

Festival Bunga Yanbu ini pun telah tercatat di Guinness Records untuk pameran karpet bunga terbesar di dunia dan panitia kali ini mencoba mencatatkan rekor baru dengan membuat bukit bunga tertinggi.

Mengomentari hal ini, Zahrani mengatakan, “selama bertahun-tahun, Komisi Kerajaan sebenarnya telah merencanakan untuk memiliki semacam bukit bunga selama festival, namun karena peraturan Guinness Record yang berfokus pada area karpet bunga daripada ketinggian, maka kami belum merealisasikannya. ”

Dia mengatakan untuk pertama kalinya pada tahun ini, Royal Commission telah mendirikan 21 perbukitan bunga di area seluas 50.000 meter persegi, yang ukurannya hampir dua kali lipat dari karpet bunga yang masuk dalam catatan Guinness Record.

Salah satu tujuan membuat bukti bunga adalah memberi kesempatan bagi anak-anak untuk menikmati keindahan alami bunga-bunga, imbuh Zahrani.

Festival yang diselenggarakan selama 24 hari ini telah menarik banyak orang tidak hanya datang dari Yanbu dan Madinah, tapi juga dari Riyadh, Dammam dan daerah lain di Arab Saudi, katanya.

Setiap musim semi, kota pesisir Laut Merah menjadi tuan rumah bagi ratusan ribu pengunjung yang datang untuk menikmati pameran bunga yang luar biasa, yang saat ini telah menginjak tahun ke-12.

Selama festival bunga berlangsung, tingkat hunian hotel-hotel di Yanbu mengalami peningkatan yang signifikan. SG

Ditulis oleh: admin

Konten Terkait