Negara-negara Arab dan Muslim Puji Keputusan Arab Saudi Terkait Kasus Khashoggi

  • 21 Oktober 2018
  • 608 views
Negara-negara Arab dan Muslim Puji Keputusan Arab Saudi Terkait Kasus Khashoggi

Negara-negara Arab di Teluk menyatakan dukungannya terhadap keputusan Arab Saudi, Sabtu (20/10), terkait kematian wartawan Saudi, Jamal Khashoggi.

UEA

UAE pada hari Sabtu menyatakan dukunannya terhadap pernyataan Arab Saudi, sebagaimana rilis kantor berita resmi  Emirates News AgencyWAM.

Negara Arab di Teluk “memuji arahan dan keputusan Raja Salman tentang kasus Kashoggi,” tulis WAM di Twitter.

Pengumuman itu juga mengatakan bahwa Arab Saudi dan kepemimpinannya merupakan negara yang menjunjung keadilan dan kesetaraan hukum.

Mesir

Mesir memuji apa yang disebut tindakan “tegas” dan “berani” yang diambil oleh Raja Salman. “Mesir melihat bahwa keputusan dan tindakan yang berani dan tegas yang diambil oleh Raja Saudi atas masalah ini selaras dengan pendekatan yang menghormati prinsip-prinsip hukum dan penerapan keadilan yang efektif,” kata Kementerian Luar Negeri dalam sebuah pernyataan.

Kemenlu Mesir juga menyampaikan belasungkawa kepada keluarga Khashoggi dan yakin bahwa penyelidikan akan mengungkap fakta atas peristiwa tersebut.

Bahrain

Bahrain memuji keputusan yang dibuat oleh Saudi dalam menegakkan keadilan, sebagaimana laporan TV Al Arabiya.

“Arab Saudi akan tetap menjadi negara yang berkeadilan, menjaga nilai-nilai dan prinsip,” sebagaimana pernyataan resmi Bahrain yang disiarkan Al Arabia.

Palestina

Palestina mendukung keputusan Raja Salman untuk menegakkan keadilan dan keadilan.

Pernyataan itu juga menekankan bahwa Arab Saudi, di bawah kepemimpinan yang bijaksana Raja Salman dan Putra Mahkota Muhammad bin Salman, akan tetap menjadi negara yang adil, menjunjung tinggi nilai-nilai dan prinsip-prinsip.

Yaman

Pemerintah Yaman yang sah ikut memuji hasil penyelidikan awal yang dilakukan oleh Jaksa Penuntut Umum Arab Saudi dalam kematian Khashoggi, serta memuji keputusan yang dibuat oleh Raja Salman sehubungan dengan penyelidikan.

Dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan oleh kantor berita negara Yaman Saba New, pemerintah Yaman mengatakan bahwa temuan hasil penyelidikan Arab Saudi dalam kasus Khashoggi dan penangkapan orang-orang yang tertuduh mencerminkan ketangguhan lembaga peradilan untuk menjamin keselamatan warga Saudi di dalam dan di luar negeri.

Jordan

Jordan mengatakan bahwa negaranya berdiri bersama Kerajaan Arab Saudi dalam langkah-langkah yang diambil terkait kasus Khashoggi. Pemerintah Yordania menambahkan bahwa tindakan yang diambil oleh Arab Saudi sangat penting untuk mencapai keadilan.

Djibouti

Djibouti memuji keputusan Raja Salman dan mengatakan hal ini merupakan bukti bahwa Arab Saudi adalah bangsa yang memiliki nilai, prinsip, dan keadilan.

Organisasi Arab dan Muslim

Organisasi Kerjasama Islam (OKI) pada Sabtu (20/10) memuji transparansi Kerajaan dan penekanannya pada penerapan keadilan.

Sementara Kibar Ulama Arab Saudi, pada hari Sabtu (20/10), mengatakan keputusan raja pada kematian Khashoggi merupakan “pencapaian keadilan dan kesetaraan sesuai dengan hukum Islam,” sebagaimana rilis kantor berita SPA (Saudi Press Agency).

Dalam “43rd session” di Makkah yang dihadiri ulama senior dan menteri dari negara-negara Muslim, Dewan Tertinggi Liga Dunia Muslim (MWL) menyatakan solidaritasnya dengan kepemimpinan Saudi dan mengutuk upaya untuk mendiskreditkan Arab Saudi. MWL juga mengingatkan bahwa stabilitas dan keamanan Saudi merupakan “garis merah” bagi dunia muslim. jll

Ditulis oleh: admin

Konten Terkait