Mahkamah Ulya Arab Saudi Menyeru Kepada Masyarakat Untuk Melihat Hilal Sore Ini

  • 4 Mei 2019
  • 386 views
Mahkamah Ulya Arab Saudi Menyeru Kepada Masyarakat Untuk Melihat Hilal Sore Ini

Lembaga tertinggi di Arab Saudi yang berwenang mengeluarkan pengumuman awal hari bulan Ramadan, Mahkamah Ulya, mengeluarkan seruan kepada seluruh masyarakat untuk melihat hilal (bulan sabit) pada sore hari Sabtu (4/5) ini.

Kepada seluruh masyarakat dapat melaporkan penampakkan hilal, baik yang melihatnya dengan mata telanjang atau melalui alat bantu (teropong).

Mahkamah Ulya Kerajaan Arab Saudi berharap seluruh muslim di seluruh wilayah, agar mencari tahu munculnya hilal sebagai pertanda awal bulan Ramadhan. Hal ini mengingat bahwa bulan hari Sabtu tanggal 4 April 2019 bertepatan dengan tanggal 29 Sya’ban 1440.

Jika bulan sabit atau hilal terlihat pada Sabtu malam ini, berarti esoknya, Ahad, 5 Mei merupakan hari pertama masuknya bulan Ramadan.

Sementara jika tidak didapati penampakan hilal di hari ke-29, maka bulan Sya’ban akan digenapkan menjadi 30 hari dan awal bulan Ramadan satu hari setelahnya.

Sebagaimana biasa, pemerintah Arab Saudi akan menetapkan awal puasa bulan Ramadan berdasarkan pengamatan hilal, sebagaimana juga yang dilakukan oleh pemerintah Indonesia. Meskipun, beberapa ahli falak memperkirakan 1 Ramadan 1440 jatuh pada hari Senin, 6 Mei 2019.

Pengumuman awal mulainya bulan Ramadan akan disampaikan secara resmi oleh pemerintah Saudi melalui televisi, radio dan sumber-sumber resmi lainnya seperti website. Para imam di masjid-masjid juga seperti biasanya mengumumkannya kepada jemaah setelah shalat Maghrib atau Isya. jll

Ditulis oleh: admin

Konten Terkait