Taraweh Kilat Dengan Gerakan dan Bacaan Super Cepat

  • admin
  • 13 Mei 2019
  • 43 Views
Taraweh Kilat Dengan Gerakan dan Bacaan Super Cepat

Beredar viral video shalat “taraweh kilat” dengan gerakan shalat dan bacaan al-Quran yang sangat cepat.

Bahkan, diberitakan oleh salah satu televisi swasta nasional, shalat taraweh tersebut merupakan sebuah “tradisi unik” di sebuah pesantren di Sumenep Madura.

Dikatakan 23 rakaat shalat taraweh dan witir di sebuah mushalla pesantren tersebut hanya dikerjakan 10 menit saja. Pembaca berita juga mengatakan bahwa jemaah mengerjakannya dengan “sangat khusyu’.”

Video praktek shalat taraweh super cepat ini selalu menyebar dan berulang setiap bulan Ramadan tiba.

Yang terbaru video shalat taraweh bersama KH Saiful Arif di Pondok Pesantren “Baitusalam,” memperlihatkan shalat taraweh yang tak kalah cepatnya.

Gerakan shalatnya tidak tuma’ninah dan bacaan Qurannya yang tidak sesuai dengan tajwid. Padahal, tuma’ninah ketika mengerjakan shalat adalah bagian dari rukun shalat, tidak sah shalat jika tidak tuma’ninah.

Begitu pula dalam hal bacaan di dalam shalatnya. Sudah banyak ulama memberikan hukum terkait dengan taraweh super cepat ini.

Terkait dengan bacaan Al-Quran yang cepat, Ustadz Muhammad Sulhan Jauhari, Da’i di Islamic Cultural Center Dammam, Arab Saudi menulis terkait tilawah dalam Al-Quran, sebagai berikut:

Hadar merupakan salah satu tingkatan dalam tilawah al-Qur’an. Artinya ialah membaca al-Qur’an dengan cepat dengan tetap memperhatikan hukum-hukum tajwid. Membaca al-Qur’an dengan model ini merupakan cara paling cepat dibanding lainnya. Bila dilakukan terus-menerus tanpa memperhatikan waktu istirahat, maka seseorang dapat mengkhatamkan al-Qur’an dalam durasi paling cepat 7 atau 8 jam.

Di bawah ini beberapa contoh qiroah hadar. Silakan didengarkan, disimak dan coba dilakukan. Bila bacaan al-Qur’an seorang sudah bagus, insyaAllah ia akan dapat -minimal- menyimaknya, atau bahkan mengikutinya (membaca dengan cara tersebut). Selamat dicoba. Semoga berhasil. Waffaqokumullahu jamii’an.

Contoh pertama, full 30 Juz (7 jam 30 menit), Qori: Syaikh Ahmad Diban

Contoh kedua, Surat al-Baqoroh (1 jam 20 menit), Qori: Syaikh Musyari Rasyid al-‘Affasiy

Contoh ketiga, Surat al-Fatihah & al-Baqoroh (1 jam 17 menit), Qori: Syaikh Yasir Salamah

Contoh keempat, Surat al-Baqoroh (1 jam 2 menit), Qori: Syaikh Dr. Mahir ‘Ulwan

Semoga bermanfaat bagi kita semuanya. Baarokallahu fiikum jamii’an. jll

Tema Terkait

Panadul – Obat Dosa

Panadul – Obat Dosa

Panadul, Obat Mujarab Untuk Penyembuhan Semua Dosa, Gelisah, Sedih dan Sakit Kreatif juga ulama di