Ingin Menjadi Penduduk Istimewa di Arab Saudi? Ini Keistimewaan yang Akan Didapatkannya

  • admin
  • 16 Oktober 2019
  • 49 Views
Ingin Menjadi Penduduk Istimewa di Arab Saudi? Ini Keistimewaan yang Akan Didapatkannya

Bandar Suleiman Al-Ayed, CEO Premium Residency Center (RRC) Arab Saudi, mengatakan bahwa sejauh ini telah menerima ribuan aplikasi untuk Premium Residency (Hak Istimewa Menetap) dari 27 kebangsaan di seluruh dunia.

“Kami akan mengumumkan dalam beberapa minggu mendatang tentang dimulainya penerbitan ‘iqama‘ untuk yang mengajukan pertama yang telah menyelesaikan syarat dan ketentuan yang diperlukan,” katanya dalam sebuah wawancara dengan Okaz / Saudi Gazette.

RRC telah mulai menerima aplikasi untuk “Hak Istimewa Iqama” sejak 23 Juni lalu melalui platform elektroniknya “Saprc” (saprc.gov.sa).

Meskipun demikian, pemegang hak istimewa tinggal di Arab Saudi bukan berarti untuk menjadi warga Arab Saudi, sebagaimana peraturan yang telah ditetapkan.

“Sejak hari pertama pengumuman RRC mengenai penerimaan aplikasi untuk iqama melalui portal elektroniknya, tim khusus di pusat telah mulai menerima ribuan aplikasi yang telah diverifikasi dan dilakukan pemrosesan yang teliti.” Jelas Bandar.

“Kami telah menerima formulir pengajuan dari sekitar 50 negara yang mewakili 27 kebangsaan, beberapa di antaranya adalah warga asing yang telah tinggal di Arab Saudi beserta keluarganya, sementara yang lainnya yang ingin datang ke Saudi. Mereka terdiri dari investor, dokter, dan insinyur, yang mana ini memberikan peluang besar bagi mereka untuk mencari kenyamanan tinggal dan investasi yang aman,” katanya.

Bandar juga menyampaikan bagi pemegang “Special Privilege Iqama,” akan dapat menikmati beberapa hak istimewa yang sebelumnya hanya diizinkan untuk warga negara Saudi.

Di antaranya adalah dapat tinggal secara permanen di Arab Saudi bersama keluarganya, menerbitkan visa kunjungan bagi keluarganya, dapat merektrut pekerja domestik untuk bekerja untuknya, berhak memiliki real estate untuk perumahan, komersial ataupun industri, dan lainnya, sebagaimana yang diatur dan dijelaskan di situs Sparc.

Pengaturan hak istimewa bagi ekspatriat tersebut merupakan hasil keputusan yang dirancang Majelis Syura Arab Saudi pada 14 Mei yang lalu, dengan menunjuk Premium Residency Centre sebagai badan satu-satunya yang mengatur teknis pelaksanaanya. SG, JLL

Tema Terkait