“Host Visa” Untuk 90 Hari Segera Dirilis

  • admin
  • 24 Oktober 2019
  • 96 Views
“Host Visa” Untuk 90 Hari Segera Dirilis

Visa jenis baru yang memungkinkan warga Saudi dan ekspatriat yang tinggal di Arab Saudi dapat menampung orang-orang di bawah sponsor mereka hingga 90 hari, akan segera dirilis dalam beberapa hari mendatang.

Direktorat Jenderal Paspor (Jawazat) dan Kementerian Haji dan Umrah sedang melakukan studi pengenalan layanan “host visa ” melalui portal Absher Kementerian Dalam Negeri Arab Saudi.

Dengan sistem visa ini, ekspatriat dapat mengundang tiga hingga lima orang untuk umrah dari kerabat dekatnya. Adapun warga Saudi, dapat mengundang siapa saja yang ingin ia bawa masuk ke negaranya.

Bagian Imigrasi dan kementerian terkait segera mengeluarkan mekanisme untuk visa jenis ini, yang diperkirakan berbiaya sebesar 500 Riyal per orang selama satu tahun. Setidaknya, setelah penerbitan visa melalui Absher, pemegang visa ini dapat keluar masuk Arab Saudi tiga kali selama satu tahun.

Dengan jenis visa ini, memungkinkan pihak yang mengundang, dapat menjamu tamunya untuk bepergian ke mana saja di dalam negeri Saudi. Tempat tinggalnya pun dapat di hotel, apartemen atau bersama mereka di rumah yang menjadi tuan rumahnya.

Pemegang visa dapat bepergian dengan bebas ke seluruh Arab Saudi dan berpartisipasi dalam kegiatan wisata. Data para tamu akan dicatat dalam Catatan Sipil dan Absher bagi orang asing Absher.

Selama berada di Arab Saudi, tamu tersebut menjadi tanggung jawab warga negara Saudi dan ekspatriat yang mengundang untuk mengurus dan melayani mereka sampai kembalinya dari Saudi.

Arab Saudi sendiri telah membuka pintunya untuk turis asing mulai 27 September lalu, dengan meluncurkan visa baru bagi 49 negara.

Dengan visa tersebut, wisatawan dari beberapa negara yang memenuhi syarat memungkinkan mendapatkan visanya pada saat kedatangan (visa on arrival) atau harus mengajukan di salah satu Kedutaan Besar Arab Saudi di masing-masing negara. SG

Tema Terkait