Mengenal 10 Jenis Kurma Paling Top di Arab Saudi

  • News Admin
  • 29 November 2019
  • 137 Views
Mengenal 10 Jenis Kurma Paling Top di Arab Saudi

Salah satu oleh-oleh favorit khas dari Arab Saudi adalah kurma. Orang Arab biasa menyebutnya “tamr” atau “date” dalam bahasa Inggris.

Kerajaan Arab Saudi merupakan penghasil kurma terbanyak kedua di dunia. Sejak 49 tahun yang lalu, Saudi telah membangun industri kurma.

Pabrik pertama pengemasan kurma dibangun pada tahun 1964, yaitu al-Ahli an-Namudzajiy li Ta’biyah al-Tamuur, di Madinah al-Munawwarah.

Sebagai produsen terbesar kedua di dunia, Arab Saudi rutin menyelenggarakan Festival Kurma Tahunan di Pasar Buraidah. Acara ini biasanya diadakan di bulan Agustus hingga 2 atau 3 bulan berikutnya.

Festival tersebut mampu menyedot jutaan pengunjung dan dibanjiri lebih dari 30 macam kurma dari seluruh dunia. Diperkirakan uang berputar di festival tahunan tersebut mencapai SR 18 juta/hari.

Kurma yang tumbuh di Kerajaan Arab Saudi memiliki banyak varietas, di antaranya 10 jenis kurma terfavorit yang bisa Anda jadikan oleh-oleh saat liburan ke Indonesia.

Berikut 10 jenis kurma terbaik dari perkebunan Arab Saudi;

Ajwa
Kurma Ajwa merupakan salah satu jenis kurma yang paling terkenal di dunia, menempati urutan pertama karena ketenaran dan banyak tersebar di banyak negara dunia.

Di antara kelebihan Ajwa adalah teksturnya berupa perpaduan antara kelembutan dan kering. Dan rasanya sudah sangat dikenal sangat manis.

Kurma Ajwa disebutkan dalam beberapa hadits Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, yang memiliki manfaat sebagai obat fisik dan jiwa.

Dalam Sahih al-Bukhari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Barangsiapa yang makan 7 kurma ajwa setiap pagi, dia tidak akan mendapat kemudharatan dari racun dan sihir pada hari tersebut.”

Di riwayat lainnya, Rasululah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Rumah yang di dalamnya tidak ada kurma, maka penghuninya akan lapar.” ( HR. Muslim; Shahih Muslim No.3812)

Dan pengobatan modern hari ini telah membuktikan bahwa makan tujuh kurma dalam keadaan perut kosong dapat membunuh semua jenis cacing di perut.

Anbara
Kurma jenis ini dianggap paling mahal sehingga disebut “Kurma Raja.” Anbara mudah dikenali karena ukurannya yang besar, hampir berbentuk persegi panjang, sementara warnanya kemerah-merahan. Rasanya sangat manis dan berkualitas.

Kurma Anbara Madinah saat ini tidak mudah didapatkan. karena itu, sebagian orang menjadikannya sebagai hadiah untuk orang-orang tercinta dari keluarga.

Safawi
Kurma safawi berwarna hitam, ukurannya sedang tidak terlalu besar, memiliki tekstur lembut, dan rasanya mirip Ajwa.

Kurma ini mudah didapat karena berbuah dan diproduksi banyak, dan tersedia di banyak pasar.

Kurma Safawi banyak tumbuh di Madinah, mengandung zat yang dapat menyembuthkan penyakit dan mengandung mineral yang bermanfaat bagi tubuh.

Barhi
Di antara sifatnya yang mudah dikenali, kurma barhi berwarna kuning telur, lembut dan sangat manis rasanya.

Barhi dipercaya bermanfaat untuk pencernaan, sehingga disarankan mengosumsinya setelah makan, untuk memperlancar pencernaan.

Sagei
Al-sagei adalah jenis kurma yang terkenal, memiliki dua warna sekaligus dalam satu buahnya, yaitu merah dan kuning.

Badannya berwarna merah dan kepalanya berwarna kuning keemasan. Kurma jenis ini biasanya dibuang isinya dan diganti dengan kacang-kacangan, banyak disajikan dalam acara-acara pesta.

Khodriy
Kurma Khodriy dikenal karena memiliki kualitas dan nilai gizi yang banyak. Ukurannya besar dan produksinya melimpah. Satu pohonnya dapat menghasilkan kurang lebih 350 kg.

Di antara kelebihan kurma Khodriy dari yang lainnya, adalah mampu bertahan di cuaca panas. Warnanya hitam dan tidak berubah meski disimpan dalam waktu yang lama.

Kurma ini cocok untuk penderita diabetes karena memiliki kadar gula yang rendah.

Beberapa Jenis Kurma

Sukariy
Kurma Sukariy banyak dibudidayakan di wilayah Qassim, yang dikenal karena teksturnya tampak rapuh dan rasanya yang manis.

Bentuknya mudah dikenali dengan kelembutan dan warna coklat keemasan. Direkomendasikan mengonsumsi jenis kurma ini untuk mencegah kerusakan gigi, dan dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

Zahdiy
Kurma zahdiy memiliki bentuk oval, tampak kering dan berwarna coklat kekuningan-kuningan, tampak padat, berkilau dan kusut.

Zahdiy dikenal sebagai kurma yang berumur tua dan ditanam di hampir semua wilayah Arab Saudi yang memiliki banyak kebun kurma. Zahdiy merupakan salah satu kurma yang banyak diekspor ke luar Saudi.

Majduul
Jenis kurma ini disebut “Queen of Dates” karena rasanya yang kuat dan lembut saat disentuh. Ukurannya besar dan rasanya manis. Banyak digunakan untuk bahan jus dan tersedia sepanjang tahun.

Kholash
Jenis kurma ini banyak terdapat di daerah Al-Ahsa, dianggap sebagai salah satu varietas kurma yang laris, banyak diminati di pasar. Salah satu kelebihan kurma Kholash, rasanya tetap enak meski disimpan dalam waktu yang lama.

Kurma Kholash berwarna aprikot kuning, rasanya manis dan biasanya disajikan dengan kopi (qohwah) Arab di majlis-majlis pertemuan. [jalal]

Tema Terkait