Jalan Raya Terpanjang di Dunia Ada di Arab Saudi

  • News Admin
  • 30 November 2019
  • 541 Views
Jalan Raya Terpanjang di Dunia Ada di Arab Saudi

Negara Arab identik dengan gurun pasir, panas, dan kering. Bayangan semacam inilah yang terbetik di pikiran banyak orang yang belum pernah mengunjungi negara Arab di Timur Tengah.

Tetapi setelah tiba di tanah Arab, imej tersebut tidak selamanya benar. Ternyata di Arab Saudi khususnya, hamparan tanah yang hijau dan pegunungan berhawa sejuk, bahkan salju pun, bisa ditemui di beberapa tempat.

Kerajaan Arab Saudi memiliki luas 2.15 juta km2. Hamparan gurun terluas dunia berada di negeri petro dollar ini, yaitu di daerah selatan yang disebut Rub al Khali (Daerah Kosong). Di atas gurun tersebut membentang tegak Pegunungan Tuwaiq sepanjang sekira 800 mil (1,300 km). Rangkaian pegunungan batu ini, terkenal menjadi salah satu destinasi wisata “Edge of the World.”

Tur Dini Hari ke Ujung Dunia (Edge of the World)

Di bagian Barat Daya, terdapat kawasan pegunungan yang berumput dan hijau. Sebagaimana juga di kawasan Utara dan Barat Laut-nya, merupakan daerah dingin yang biasa dihujani salju.

Saudi juga memiliki jalan raya lurus terpanjang di dunia, yang membentang dari Haradh ke Al-Batha, sekira 256 km panjangnya, memotong gurun Rub Al-Khali. Jalan ini mengalahkan pemegang rekor jalan raya terpanjang sebelumnya, Eyre Highway di Australia, sekitar 146 km.

Jalan Raya Terpanjang di Dunia di Arab Saudi, 256 km.

Ketika berada di Abha, Taif, Hada, Tabuk, atau Al-Jouf, misalnya, bisa jadi Anda lupa bahwa saat itu sedang di Arab Saudi. Pasalnya, nama-nama kota tersebut merupakan sebagian dari wilayah pegunungan yang berhawa sejuk, jauh dari yang digambarkan, Arab sebagai wilayah padang pasir dan gersang.

Di banyak tempat di sudut dalam kota Saudi pun, banyak taman bermain dengan rumput hijau dan pepohonan yang rindang, menyejukkan mata. Di sepanjang jalan utama, di bundaran jalan, tanahnya biasa tertutup rerumputan, terkadang dari sintetis.[jll]

Danau ini terletak di area industri kota Dammam, Wilayah Timur Arab Saudi.

Tema Terkait