Transportasi Umum di Saudi: Dari Saudia Airlines Hingga Metro Riyadh

  • News Admin
  • 2 Desember 2019
  • 464 Views
Transportasi Umum di Saudi: Dari Saudia Airlines Hingga Metro Riyadh

Di dalam safar, terdapat kesusahan. Tak heran jika Rasulullah shallalahu alaihi wa sallam menyebutnya sebagai qith’ah minal adzab, bagian dari adzab. Jasa transportasi umum milik Arab Saudi, udara dan darat, berusaha mengurangi kesusahan tersebut dengan beberapa fasilitas berikut ini.

Saudi Airlines
Di antara fasilitas dan peraturan maskapai Saudia, milik Kerajaan Arab Saudi sebagai berikut:

Bagi Anda yang berpergian dengan Saudia, pastikan bahwa beban bawaan diatur sebagaimana berikut:

  • Economy Class (23 Kg x 2 bagasi + 7 Kg tas kabin pesawat)
  • Business & First Class (32 Kg x 2 bagasi + 9 Kg tas kabin pesawat)

Kereta Api
Di antara jasa transportasi umum di darat milik pemerintah Arab Saudi adalah kereta api. Saat ini jalur kereta api diatur oleh beberapa perusahaan milik pemerintah, di antaranya:

Kereta api di Arab Saudi sangat nyaman dan canggih. Selama perjalanan, nyaris tidak terdengar suara gesekan roda kereta dengan relnya. Seluruh gerbongnya ber-AC, toiletnya sekelas pesawat dan terdapat kereta restorasi (kereta makan) yang nyaman.

Seorang netizen mengabadikan perjalanan kereta SRO jurusan Dammam ke Riyadh di video berikut ini:

Untuk kereta yang dikelolah oleh SAR, disebut juga sebagai “kereta malam.” Pasalnya, kereta jurusan baru ini menyediakan ranjang tidur dengan perlengkapannya. Satu ruangan dalam gerbong kereta dapat menampung maksimal 4 penumpang.

Selain itu, gerbong kereta juga dilengkapi dengan layanan internet (wifi) dan petugas yang siap melayani penumpang selama perjalanan.

Sementara kereta cepat Haramain (HHR), baru beroperasi pada akhir bulan September 2018 lalu. Kereta listrik ini dirancang untuk melakukan perjalanan dengan kecepatan lebih dari 300 km/jam dengan jarak tempuh 450 kilometer.

Berikut harga tiketnya:

Harga tiket Haramain High Speed Rail

Bus Umum Saptco
Satu-satunya perusahaan transportasi umum bus milik pemerintah Arab Saudi adalah Saptco (Saudi Public Transport Company), berdiri sejak 07/03/1399 H.

Saptco melayani transportasi untuk dalam kota, antar kota seluruh wilayah Saudi dan antar negara Arab di Timur Tengah. Busnya tersedia dalam dua jenis; reguler dan VIP.

Selain jasa umum bus, Saptco juga membuka usaha taksi, bus antar jemput sekolah dan sedang merencanakan pembangunan rel yang menhubungkan seluruh wilayah Arab Saudi.

Saat musim haji tiba, armada bus Saptco terpusat di Mas’aril Haram, guna melayani jutaan jemaah haji.

Saptco

Riyadh Metro
Riyadh metro ini merupakan mass rapid transit yang berada di ibukota Arab Saudi, Riyadh. Saat ini Metro Riyadh sedang dalam proyek pengerjaan. Jika rampung, kereta dalam kota ini dapat mencover 6 jalur utama dengan panjang 176 KM dan 85 stasiun. Menurut rencana, seluruh sarananya dilengkapi dengan teknologi mutakhir, yang akan menawarkan pengalaman yang luar biasa selama perjalanan dalam kota Riyadh.

Keenam jalur Metro Riyadh mencakup sebagian besar distrik yang berpenduduk padat, fasilitas pemerintah, pendidikan dan pusat komersial. Metro Riyadh juga terhubung dengan Bandara Internasional King Khaled dan King Abdullah Financial District, termasuk perguruan tinggi, pusat kota, dan pusat transit publik.

6 Jalur Metro Riyadh direncakan dibagi menjadi:

  • (Jalur Biru) Olaya – Batha’a dengan jarak 38 KM.
  • (Jalur Merah) Jalan Raja Abdullah dengan jarak 25,3 KM.
  • (Jalur Oranye) Jalan Al-Madinah Al-Munawwarah – Jalan Pangeran Saad bin Abdul Rahman Al-Awal, jarak 40,7 KM.
  • (Jalur kuning) Jalan Bandara Internasional King Khaled, jarak 29,6 KM.
  • (Jalur hijau) King Abdul Aziz Road, jarak 12.9 KM.
  • (Jalur Ungu) Jalan Abdul Rahman bin Aouf – Jalan Shiekh Hassan bin Hussain bin Ali, 30 KM.
Calon Riyadh Metro dipamerkan ke publik

Tema Terkait