Orang Arab Tidak Takut Hantu

  • News Admin
  • 9 Desember 2019
  • 1116 Views
Orang Arab Tidak Takut Hantu

Selama saya “nguli” di Negeri Gurun, tepatnya di Arab Saudi, jarang sekali ada orang Arab yang membahas masalah dunia perhantuan, seperti halnya di negeri kita.

Orang Arab, baik dewasa atau yang masih anak-anak dan remaja, tidak pernah takut dengan hantu dan sejenisnya. Baik itu di malam hari apalagi siang.

Yang remaja atau dewasa walau mereka membawa mobil jarak jauh, misalnya dari Jeddah ke Tabuk, atau ke wilayah Saudi lainnya, mereka tidak takut kalau melewati gurun yang tandus seorang diri.

Bagi mereka, perjalanan malam hanya takut jika ada onta atau binatang lainnya yang tiba-tiba nyelonong masuk di tengah jalan raya. Karena bisa berakibat fatal, terjadi kecelakaan.

Masalah cerita tentang hantu di tengah gurun dan lain-lain, sangat jarang dibahas oleh orang Arab dan saya belum pernah mendengarnya. Sekalipun ada sebagian yang membahas masalah seputar dunia perhantuan.

Bahkan saya pernah melihat, di Sakaka, Al-Jouf, ada rumah baru bertingkat yang menghadap komplek pemakaman. Jaraknya hanya dibatasi tembok sekitar tingginya 1,5 m.

Tentu saja bagi kita sangat aneh, membangun rumah tetapi balkon lantai atas justru menghadap ke kuburan. Apakah nyaman duduk di balkon sambil minum teh dan menghadap kuburan di tengah malam?

Sebagian kita bisa jadi ketakutan dan harus mengundang “orang pintar” agar tidak terkena gangguannya atau lainnya.

Mental dan fikiran orang Arab memang cukup tangguh dan tidak terbiasa dijejali cerita-cerita horor saat masa anak-anak ataupun remaja.

Tapi jangan salah, rata-rata mereka sejak kecil sudah belajar Al-Quran dan mehaminya dengan baik. Jadi mereka tahu, cara atau doa untuk menghadapi makhluk gaib.

Mungkin karena hal tersebut, mental mereka sangat kuat, tidak takut jika malam hari ke mana pun pergi sendirian, apalagi bersama teman-teman, malah bikin kemah di tengah gurun.

*) Copas dan ringkas dari kompasiana oleh Alex Valentino, dengan perubahan seperlunya.

Tema Terkait