Di Arab Saudi, Anda Tidak Perlu Beli Air Untuk Minum dan Memasak

  • 19 Desember 2019
  • 1,957 view
Di Arab Saudi, Anda Tidak Perlu Beli Air Untuk Minum dan Memasak

Kebutuhan air untuk kehidupan sehari-hari adalah hal yang tidak dapat dihindari. Bagi Anda yang tinggal di Arab Saudi, air dapat Anda peroleh secara cuma-cuma alias gratis. Kok bisa?

Di Arab Saudi, sekira satu tahun yang lalu, harga air minum masih lebih mahal dari bensin untuk kendaraan. Sejak harga minyak dunia anjlok, kini air mineral sebotol (500-600 ml) 1 Reyal Saudi dan 1 liter bensin 1.5 Reyal Saudi (mulai November 2019).

Untuk memenuhi air minum atau memasak, Anda bisa membelinya dalam kemasan galon (4,5 liter). Ada dua harga; galon isi ulang seharga 6 Reyal Saudi dan galon sekali pakai dihargai 7 Reyal Saudi. Terdapat variasi kemasan lainnya dengan harga yang berbeda.

Untuk mendapatkan kemasan galon, mudah didapatkan di toko (baqolah) yang buka di setiap blok perumahan. Tetapi ada cara lain, yaitu dengan berlangganan yang diantar langsung di depan pintu rumah.

Cara lainnya, untuk air kemasan galon, Anda bisa membelinya di pusat penyaluran air minum dengan harga yang sangat murah, 1.5 Reyal Saudi/galon. Lokasinya bisa dicari atau ditanyakan masyarakat sekitar, rata-rata terdapat di dalam kota di berbagai wilayah Arab Saudi.

Tetapi, jika Anda ingin mendapatkan air secara cuma-cuma, Anda bisa mendapatkan di beberapa lokasi di sudut setiap kota di Arab Saudi. Air gratis biasanya disediakan oleh perusahaan air minum Saudi di jalan utama perumahan.

Selain pemerintah, masjid di seantero Saudi juga banyak menyediakan air minum gratis di dalam masjid maupun di luarnya. Jika di dalam masjid, tersedia kemasan botol dengan berbagai macam ukuran, kadang disediakan dispenser yang diletakkan di pojok atua bagian belakang tempat shalat.

Ada juga dispenser di luar gedung masjid. Melalui krannya, Anda bisa mengisi galon atau botol kecil untuk dibawa pulang.

Selain masjid, rumah-rumah pribadi penduduk Saudi juga banyak menyediakan air minum gratis. Mereka, ahlu khair (dermawan), menyediakan dispenser yang menempel dengan dinding pagar rumahnya. Sering ditulis sebagai maa`u sabiil (air bagi orang-orang di jalan).

Tonton vlog salah seorang TKI di bawah ini yang menginfokan beberapa lokasi air minum gratisan di Arab Saudi.

Ditulis oleh: admin

Konten Terkait