9 Cara Mengetahui Produk yang Anda Beli Palsu atau Tiruan

  • admin
  • 23 Desember 2019
  • 639 Views
9 Cara Mengetahui Produk yang Anda Beli Palsu atau Tiruan Foto: twasul.info

Asosiasi Perlindungan Konsumen di Arab Saudi mengingatkan pentingnya mengetahui produk bajakan di pasar dan menghentikan mengonsumsinya. Hal ini dikarenakan dampak ancaman bahaya bagi konsumen dan lingkungan.

Selain itu, Jam’iyah Himayah al-Mustahlik memandang dampak negatifnya terhadap perekonomian secara umum dengan melemahkan keberadaan produk asli yang sesuai dengan dengan standar dan spesifikasi.

Barang tiruan diproduksi dengan biaya rendah, memanfaatkan kurangnya kesadaran sebagian konsumen, tergiur dengan harga yang lebih murah.

Berdasarkan laporan harian “Makkah“, pada tahun 2018, total produk yang disita karena melanggar standar sebanyak 42 juta produk.

Produk tersebut disita oleh tim Kementerian Perdagangan dan Investasi, senilai 909 juta Riyal Saudi.

Berikut di bawah ini 9 cara untuk mengidentifikasi barang palsu atau tiruan, yang direkomendasikan Jam’iyah Himayah al-Mustahlik:

  1. Gunakan aplikasi yang disediakan oleh lembaga pemerintah terkait untuk memastikan keamanan produk. Klik di sini untuk aplikasi dari Kementerian Perdagangan dan Investasi.
  2. Jika mengetahui tentang produk yang cacat dan tercemar, kirimkan pemberitahuan kepada pihak yang berwenang.
  3. Beli dari toko terpercaya dan disetujui, hindari dari pedagang kaki lima yang tidak berizin.
  4. Hindari membeli produk palsu atau tiruan dari marketplace online yang tidak berlisensi.
  5. Saat membeli produk secara online, pastikan web tersebut memiliki sertifikat layanan “Ma’ruf,” ( «معروف» ) sebuah lisensi yang diakui.
  6. Dapatkan faktur (invoice) untuk setiap pembelian sebuah produk yang menyertakan nama toko, nomor registrasi komersial, dan lokasi, di samping kartu garansi.
  7. Jika membeli produk yang ditemukan cacat, dipalsukan, atau ditiru, konsumen berhak mengembalikannya dan meminta kembali (refund) sejumlah uang yang dibayarkan.
  8. Bagikan pengalaman dengan teman dan keluarga, ingatkan mereka dari mana asal produk palsu dan tiruan yang ditemukan.
  9. Kirim pemberitahuan resmi ke Kementerian Perdagangan dan Investasi jika menemukan produk yang mencurigakan dan cacat. twsal

Tema Terkait