Berapa “Gaji” Pelajar di Arab Saudi?

  • 23 Desember 2019
  • 12,143 views
Berapa “Gaji” Pelajar di Arab Saudi?

Ujian tengah semester tengah berlangsung serentak saat ini di Arab Saudi. Tidak hanya anak usia sekolah yang menjalani “ikhtibar,” tetapi pensiunan dan tentara juga mengikuti ujian tersebut.

Seorang purnawirawan, Fahiid Ruwaily, setelah 34 tahun terputus dari sekolah, mengikuti ujian. Dia menulis di akun twitter-nya:

“30 tahun dinas militer, 4 tahun pensiun, sejak usia ke-20 tahun aku mulai menjalankan tugas. Hari ini aku kembali ke bangku sekolah di usia yang ke-54 tahun, untuk menamatkan tingkat tsanawiyah.”

Pemerintah Saudi memang memberikan kesempatan bagi semua warga negaranya untuk menamatkan sekolahnya, tidak mengenal usia dan profesi. Untuk itu, diberikan al-mukafaah at-tasyji’iyan, yaitu uang saku penyemangat, sebesar 1.000 reyal (al-Maadah 4 Dalil Mukafaat wa i’anaat Al-Thulaab).

Anak-anak sekolah dari tingkat ibtidaiyah (SD), mutawasithah (SMP), dan tsanawiyah (SMA), juga menerima “mukafaah.” Besaran uang saku tersebut sesuai dengan tingkat pendidikan. Hanya anak yang bersekolah di ma’had (kejuruan) dan tahfidzul quran (menghafal al-quran) yang berhak uang bulanan tersebut.

Berikut uang saku siswa di Arab Saudi berdasarkan jenjang pendidikannya:

Tingkat PendidikanBagian Luar
(Magang)
Bagian Dalam
(Praktek di Sekolah)
Ibtidaiyah300 Reyal/bulan90 Reyal/bulan
Mutawasithah375 Reyal/bulan135 Reyal/bulan
Tsanawiyah450 Reyal/bulan300 Reyal/bulan

Daftar uang saku di atas diberikan selama 12 bulan, untuk semua siswa di sekolah kejuruan, termasuk siswa yang membutuhkan perhatian khusus (terbelakang mental, bisu, dan buta).

Untuk siswa di sekolah tahfidzul quran, menerima uang saku lebih besar, sebagaimana berikut:

Tingkat PendidikanUang Saku Bulanan
Ibtidaiyah250 Reyal
Mutawasithah500 Reyal
Tsanawiyah600 Reyal

Selain kategori di atas, pemerintah Saudi juga memberikan biaya tambahan bagi siswa yang tinggal di luar negeri dan tidak mendapati sekolah setingkat mutawasithah dan tsanawiyah.

Sebagaimana bantuan dana ini juga diberikan kepada siswa yang tinggal di suatu daerah di dalam negeri Saudi, yang jarak rumah ke sekolahnya lebih dari 50 km (jalan raya) atau 35 km (gurun pasir) atau 15 km (jalan terjal pegunungunan yang sangat sulit dilewati kendaraan).

Kelompok siswa terakhir di atas, mendapatkan mukafaah bulanan sebesar 600 reyal/bulan.

Semua persyaratan dan ketentuan untuk menerima uang saku bulanan telah diatur dalam Qarar Kementerian Pendidikan dan Pengajaran Arab Saudi.

Adapun untuk mahasiswa di perguruan tinggi negeri, uang sakunya bervariasi mulai dari 800 reyal/bulan hingga 2.100 reyal/bulan (mahasiswi fakultas kedokteran).

Tertarik menyekolahkan anak Anda di Arab Saudi? Ahlan wa sahlan…. jll

Ditulis oleh: News Admin