Batu Nisan Ratusan Tahun Ditemukan di Makkah

  • News Admin
  • 28 Desember 2019
  • 795 Views
Batu Nisan Ratusan Tahun Ditemukan di Makkah Foto: al-arabiya

Pemerintah Kota Suci Makkah al-Mukarramah, menemukan batu nisan peninggalan abad ke-6 H. Penemuan ini saat dilakukan penggalian untuk proyek “smart parking” baru di samping Pemakaman Al-Ma’lah.

Setelah menemukan peninggalan bersejarah tersebut, Pemkot Makkah segera menyerahkannya ke pihak yang khusus menangani peninggalan sejarah.

Makam Ma’lah terletak di ujung jalan Al-Hujun, di sebelah kanan jalan menuju ke Masjidil Haram, masuk ke dalam distrik Ma’abidah Mekah. Jaraknya cukup dekat dengan al-Haram.

Komplek pemakaman Ma’lah dikenal sebagai tempat penguburan warga Makkah. Di Ma’lah, Pemkot Makkah menyediakan fasilitas kamar penyucian jenazah, pengkafanan, serta mobil ambulans untuk mengangkut mayat.

Sebagaimana biasanya, mayat dikuburkan di komplek Ma’lah, setelah dishalatkan di Masjidil Haram Makkah oleh ratusan hingga jutaan jemaah.

Kuburan Ma’lah yang terletak di utara Masjidil Haram, adalah kuburan penduduk Mekah dari zaman pra-Islam sampai sekarang. Di komplek tersebut, terdapat makam Bani Hasyim dari leluhur Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dan paman-pamannya.

Asma binti Abi Bakr dan khalifah Abbasiyah Abu Ja’far al-Mansur, serta banyak dari sahabat, tabi’in, dan ulama besar serta orang-orang shaleh dimakamkan di sana. Arbn

Tema Terkait