Banyak Jalan Bersedekah di Negeri Raja Salman

  • admin
  • 30 Desember 2019
  • 557 Views
Banyak Jalan Bersedekah di Negeri Raja Salman

Di beberapa ruas jalan perumahan di Arab Saudi, terdapat sebuah kotak besar bergambar pakaian kerap dijumpai. Sebagiannya dihiasai dengan lampu LED, sehingga tampak mencolok menyala di malam hari.

Kotak tersebut bernama “Clothing Collecting Box” (Kotak Pemgumpulan Pakaian), atau dalam bahasa Arabnya “Sunduq Jam’i al-Malabis.”

Sebagaimana namanya, kotak tersebut disediakan oleh lembaga khairiyah (sosial) atau langsung dari pemerintah Saudi (Baladiyah), untuk menampung pakaian bekas layak pakai.

Pakaian yang terkumpul dalam kotak tersebut, akan diambil secara rutin oleh truk dan nantinya disalurkan kepada yang menghajatkannya, di dalam maupun luar Saudi.

Masyarakat bisa menyedekahkan barang-barang bekas selain pakaian, seperti buku, sprai kasur, selimut, tas, dan beberapa peralatan rumah tangga yang diziinkan.

Tetapi beberapa barang seperti karpet, kereta dorong untuk bayi, mainan anak-anak, tidak diperbolehkan dikumpulkan dalam kotak tersebut.

Untuk kertas dan buku-buku yang ingin disumbangkan, terdapat kotak pengumpulan tersendiri. Bentuknya lebih pendek dan kecil, serta mudah dipindahkan (portable).

Selain ditempatkan di pinggir jalan, kotak-kotak tersebut juga kerap disediakan di pinggir atau halaman masjid. Yang paling banyak alokasinya di perumahan elit warga Saudi.

Silahkan saksikan vlog TKI di bawah ini untuk mengetahui fungsinya.

Tema Terkait