Mulai 1 Januari 2020, Pusat Perbelanjaan di Saudi Buka 24 Jam

  • 30 Desember 2019
  • 927 views
Mulai 1 Januari 2020, Pusat Perbelanjaan di Saudi Buka 24 Jam Foto: Saudigazzete

Mulai Rabu (1/1/2020) lusa, toko atau pusat perbelanjaan di seluruh Arab Saudi, diizinkan buka selama 24 jam dalam sepekan. Ada beberapa syarat untuk bisa beraktivitas selama sehari penuh ini.

Kementerian Urusan Kota (Baladiyah) bekerja sama dengan Kementerian Dalam Negeri telah mensyaratkan harus tersedia kamera pengawas (CCTV) yang dipasang di lokasi toko.

Selain itu, Baladiyah berkoordinasi dengan Kementerian Tenaga Kerja dan Sosial akan mengawasi, di antaranya memastikan hak pekerja yang tidak dipaksa bekerja lebih dari jam normal.

Syarat lainnya adalah memenuhi administrasi untuk izin buka 24 jam, dengan biaya kurang dari SR 100.000 pertahun. Besaran biaya berdasarkan lokasi toko yang mengajukan izin.

Bersama dengan itu, Baladiyah membebaskan delapan kegiatan usaha dari biaya tersebut. Di antaranya apotek, gedung pernikahan, penginapan wisata, kegiatan medis, pendidikan, stasiun bensin, hotel dan resort.

Majed Al-Qasabi, penjabat dari Kementerian Urusan Kota dan Pedesaan, sebelumnya mengkonfirmasi bahwa kegiatan komersial yang dapat melayani 24 jam akan mempermudah pelayanan kepada masyarakat dan meningkatkan kualitas hidup di kota-kota Saudi.

Akun resmi Visi Saudi 2030 juga mengkonfirmasi bahwa dengan perizinan aktivitas komersial tersebut dapat berkontribusi untuk mencapai target visi tersebut.

Kegiatan komersial sehari penuh ini juga diharapkan dapat menurunkan tingkat pengangguran sampai 7 persen. Selain itu, dapat meningkatkan peringkat ekonomi Saudi ke peringkat 15 di dunia, mengklasifikasikan tiga kota Saudi di antara 100 kota terbaik di dunia, dan meningkatkan pendapatan nonmigas menjadi SR 1 triliun setiap tahun. SG

Ditulis oleh: News Admin

Konten Terkait