Nilai Tukar Reyal ke Rupiah di Hari Terakhir Tahun 2019

  • News Admin
  • 31 Desember 2019
  • 865 Views
Nilai Tukar Reyal ke Rupiah di Hari Terakhir Tahun 2019

Berapa rupiah per 1 Reyal Saudi? Nilai tukarnya tidak selalu sama, setiap waktu berubah, mengikuti kondisi perekonomian masing-masing negara.

Ketika Indonesia dilanda krisis ekonomi misalnya, atau ada kisruh politik, nilai tukar rupiah ke seluruh mata uang asing dunia melemah, termasuk ke mata uang Reyal Arab Saudi.

Selama 1 dekade ini, kurs reyal ke rupiah cenderung kuat, alias rupiah melemah. Apalagi jika ditilik lebih dari 10 tahun ke belakang.

Mulai 1 Reyal dihargai ratusan rupiah, merangkak seribuan, hingga 2 ribuan.

Nilai Rp 2 ribu /Reyal bukan final, sampai akhir tahun 31 Desember 2019, mencapai Rp 3676/Reyal Saudi (Enjaz).

Perlu diketahui, kurs reyal ke rupiah bisa jadi berbeda, meski dalam waktu yang sama. Ini tergantung di bank mana penukarannya.

Perbedaan nilai tukar uang saat ditransfer ke Indonesia disebabkan cara masing-masing bank mencari profit yang tidak sama. Misalnya, Western Union (WU) meninggikan nilai tukarnya, tetapi biaya kirimnya sedikit lebih mahal. Di bank lain, biaya kirim murah tetapi kurs rupiah menjadi rendah.

Di Arab Saudi, penyedia jasa remittance banyak pilihan. Selain bank, penyedia jaringan seluler Saudi Telecom Ceompany (STC) juga menyediakan aplikasi pengiriman uang (STC Pay) bekerja sama dengan WU.

Berikut nilai tukar Reyal ke beberapa mata uang asing berdasarkan jasa pengiriman, pagi hari di akhir tahun,31 Desember 2019:

Tema Terkait