Sikap Arab Saudi Terhadap Tewasnya Jenderal Iran di Irak

  • News Admin
  • 4 Januari 2020
  • 3669 Views
Sikap Arab Saudi Terhadap Tewasnya Jenderal Iran di Irak

Menteri Negara Urusan Luar Negeri dan Anggota Dewan Menteri, Adel Al-Jubeir, menegaskan sikap Arab Saudi terkait peristiwa di Irak, tentang pentingnya ketenangan, menjaga keselamatan rakyat di negara-negara sekitar, pasca tewasnya Qassem Soleimani.

Arab Saudi mengikuti perkembangan peristiwa yang terjadi di Irak, menganggap peristiwa tersebut merupakan akibat dari meningkatnya ketegangan dan tindakan teroris.

Media Al-Arabiya mengutip sumber resmi pemerintah Saudi menyatakan: “Untuk keamanan dan stabilitas kawasan, maka ancaman milisi teroris selama ini mengharuskan mereka dihentikan. Arab Saudi, telah mengingatkan dampaknya, dengan menyerukan pentingnya semua pihak menahan diri untuk mencegah segala sesuatu yang dapat memperburuk situasi dan konsekuensi yang tak terbayangkan.”

Arab Saudi menegaskan bahwa komunitas internasional harus memenuhi tanggung jawabnya untuk mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk memastikan keamanan dan stabilitas kawasan yang vital ini bagi seluruh dunia.

Sebagaimana yang diberitakan, Amerika Serikat melakukan serangan udara yang menewaskan jenderal Iran, Qassem Soleimani, komandan Korps Pengawal Revolusi, dan Abu Mahdi al-Muhandis, wakil komandan dari Milisi al-Hasyd al-Sya’biy.

Serangan Amerika terjadi di dekat Bandara Internasional Baghdad, pada dini hari Jumat (3/1), menyusul perintah Presiden AS Donald Trump, atas pembunuhan jenderal Iran tersebut, sebagaimana keterangan Departemen Pertahanan AS, Pentagon. arbn

Tema Terkait