Dubes Saudi Temui Ma’ruf Bahas Pembentukan Dewan Tinggi RI-Arab Saudi

  • 27 Januari 2020
  • 946 views
Dubes Saudi Temui Ma’ruf Bahas Pembentukan Dewan Tinggi RI-Arab Saudi Foto: detik.com

Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin menerima kunjungan Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia, Esam A Abid Althagafi. Pertemuan itu membahas finalisasi pembentukan Dewan Tinggi Hubungan Bilateral Indonesia dan Arab Saudi.

Pertemuan itu berlangsung di Kantor Wakil Presiden, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Senin (27/1/2020). Esam mengatakan pertemuan itu guna meningkatkan kerja sama Indonesia dan Arab Saudi.

“Pertemuan dengan Bapak Wakil Presiden adalah pertemuan yang sangat bermanfaat bagi kami. Selain mengucapkan selamat atas dilantiknya beliau beberapa waktu lalu kami juga membahas berbagai hubungan bilateral antara Indonesia dengan Saudi Arabia,” ujar Esam usai menemui Ma’ruf Amin.

Esam mengatakan poin utama dalam pertemuan itu adalah pembentukan Dewan Tinggi Hubungan Bilateral antara Indonesia dan Arab Saudi. Esam menyebut Dewan Tinggi itu akan diisi oleh pejabat tinggi kedua negara.

“Telah kami sampaikan juga bahwa pada saat ini kita sudah memasuki tahap yang terakhir pembentukan Dewan Tinggi Hubungan Bilateral Indonesia dan Saudi di mana nanti keanggotaannya adalah para pejabat tinggi dari kedua negara,” kata dia.

Esam menuturkan dewan tersebut akan memudahkan kedua negara untuk melangsungkan kerja sama. Seperti kerja sama dalam investasi hingga di bidang pariwisata.

“Yang tugas utama adalah meningkatkan hubungan kedua negara di antaranya dalam hal investasi, pariwisata dan juga kerja sama ekonomi, kerja sama sosial budaya lainnya,” katanya.

Selain itu, Esam menyebut dirinya dan Ma’ruf juga membahas persiapan Konferensi Tingkat Tinggi Group of Twenty atau G20 pada November mendatang. Di mengatakan Saudi dan Indonesia berkomitmen akan menyukseskan acara tersebut.

Lebih lanjut, Esam mengatakan Saudi dan Indonesia berkomitmen membangun hubungan bilateral yang baik. Dia berharap hubungan itu akan menjadi contoh bagi negara lain.”Dalam kesempatan ini juga saya sampaikan kepada yang mulia Bapak Wakil Presiden mengenai presidensi Saudi Arabia di organisasi G20 tahun ini yang mana melakukan tingkat tingginya di Saudi Arabia pada bukan November tahun ini dan kami telah mendapatkan komitmen juga dari Indonesia untuk bekerja sama dengan Saudi untuk menyukseskan presidensi tersebut di G20 tahun ini,” katanya.

“Kedua belah pihak sepakat dan berkomitmen untuk bekerja keras dalam waktu dekat ini untuk meningkatkan hubungan bilateral kedua negara sehingga kita upayakan hubungan Indonesia-Saudi ini menjadi hubungan bilateral yang bisa dicontoh oleh hubungan bilateral antara negara lainnya,”ucap Esam.

(lir/gbr)

Dinukil dari detik.com

Ditulis oleh: admin

Konten Terkait