Safwan, Insinyur Indonesia Lulusan Ummul Qura yang Belum Pernah Pulang Ke Tanah Air

  • News Admin
  • 28 Januari 2020
  • 1067 Views
Safwan, Insinyur Indonesia Lulusan Ummul Qura yang Belum Pernah Pulang Ke Tanah Air Sumber: KJRI Jeddah

Bagaimana kisah seorang warga Indonesia yang lahir dan besar di Arab Saudi, tetapi belum pernah menengok Tanah Airnya? Berikut hasil temuan Konsulat Jenderal RI (KJRI) Jeddah.

Pelaksana Fungsi Penerangan dan Sosial Budaya KJRI Jeddah, Agus Muktamar, menerima kedatangan Safwan Jurjani Isa.

Siapakah dia? Safwan adalah salah satu warga Indonesia yang baru menyelesaikan pendidikannya di Universitas Ummul Quro, Mekkah.

Safwan, anak dari orang tua asal Banjar, lahir dan besar di kota Mekkah. Dia baru saja menyabet gelar insinyur (Mechanical Engineering) dari Universitas Ummul Qura, Mekkah.

Uniknya, dia mengaku belum pernah ke Indonesia dan berencana melanjutkan program magisternya ke luar negeri.

Keseharaian di rumahnya, dia berbahasa Banjar. Mempelajari bahasa Indonesia dari orang tuanya. Untuk bahasa Arab dan Inggris, dipahaminya selama mengenyam bangku sekolah dan perguruan tinggi.

Dari pertemuan di KJRI Jeddah, Safwan menginformasikan bahwa terdapat sekitar 50 mahasiswa Indonesia yang sedang kuliah di Ummul Qura, salah satu universitas paling bergengsi di dunia.

Mereka tidak hanya menuntut ilmu agama, tetapi juga kuliah di jurusan umum, seperti jurusan komputer, akuntansi, dan manajemen bisnis.

Keberadaan mereka, menambah daftar Warga Negara Indonesia yang melanjutkan pendidikan di Ummul Qura di mulai S1 sampai program doktoral.

Sebagai bentuk dukungan KJRI Jeddah, diberikan rekomendasi kepada mereka untuk melanjutkan jenjang pendidikannya dan membuat program “welcoming session”.

Hal ini menjadi salah satu bukti hubungan antara Indonesia dan Arab Saudi yang telah terjalin dengan baik.

*) Sumber tulisan: IG KJRI Jeddah, dengan perubahan seperlunya.

Tema Terkait