1001 Jalan Dakwah, Salah Satu Contohnya di Arab Saudi

  • 2 Februari 2020
  • 866 views
1001 Jalan Dakwah, Salah Satu Contohnya di Arab Saudi

Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam bersabda dalam satu haditsnya yang mulia: “Sampaikanlah (ajaran/dakwah/risalah) dariku walau satu ayat.” (HR. Bukhari)

Hadits ini menunjukkan bahwasanya tugas berdakwah bukan melulu tanggung jawab sepenuhnya orang-orang yang telah dilabeli dengan sebutan ustadz atau kyai.

Dakwah merupakan tugas setiap manusia. Tugas semua orang yang telah diilhami Allah nilai-nilai agama, meskipun sedikit. Tidak mesti menunggu harus punya banyak ilmu. Dapat sedikit, amalkan, lalu sampaikan pada mereka yang belum tahu.

Menyerukan dakwah banyak caranya. Tidak mesti di atas podium. Tidak mesti terang-terangan. Juga tidak mesti bersuara.

Bahkan hanya dengan menuliskan pesan singkat, lalu mencetaknya di atas sticker untuk dibagi-bagikan, kemudian ditempel di banyak tempat umum yang mudah terbaca, sudah bisa disebut sebagai dakwah. In syaa Allah bernilai pahala di sisi Allah.

لا اله الا الله

Laa ilaaha illallah, Tiada Rabb -yang layak disembah- kecuali Allah.

عطر فمك بالصلاة غلى النبي صلى الله عليه وسلم

Atthir fammaka bis shalaati’ alan Nabiyyi shallallaahu ‘alaihi wa sallam. Harumkanlah mulutmu dengan memperbanyak shalawat atas Nabi Muhammad shallaahu `alaihi wassalam.

Dua kalimat di atas, sebagaimana tertulis di atas sticker pada gambar. Ini adalah salah satu contoh cara dakwah yang paling ringan dan bebas dilakukan oleh siapa saja dan di mana saja.

Sticker dengan nasehat dakwah singkat seperti di gambar, sangat banyak kami temukan di negara Arab Saudi.

Semoga kita semua ummat Islam dunia, khususnya Indonesia dapat meniru jejak langkah mereka yang telah dulu melakukannya. Semoga bermanfaat.

Akhukum fillah, Ihsan Ramadhan Suhairy.
Kota Majma’ah, Saudi Arabia, 1 February 2020/ 7 Jumadal Akhir 1441.

Ditulis oleh: News Admin

Konten Terkait