Rudal Balistik Syiah Houtsi Kembali Serang Pemukimin Sipil di Kota Arab Saudi

  • News Admin
  • 21 Februari 2020
  • 1474 Views
Rudal Balistik Syiah Houtsi Kembali Serang Pemukimin Sipil di Kota Arab Saudi

Rudal balistik kembali diluncurkan pemberontak Syiah Houtsi di Yaman ke wilayah Arab Saudi. Target kali ini ke pemukiman penduduk sipil di beberapa kota Arab Saudi.

Juru bicara pasukan “Koalisi untuk Dukungan Pemerintah yang Syah di Yaman,” Kolonel Turki al-Maliki, menyatakan bahwa pada jam 03.00 dini hari (21/2) tadi, Pasukan Pertahanan Udara Kerajaan Arab Saudi berhasil mencegat rudal balistik yang diluncurkan oleh milisi teroris Houtsi yang didukung Iran.

Kolonel al-Maliki menyatakan bahwa rudal tersebut diluncurkan dengan sengaja dan sistematis menargetkan kota-kota dan warga sipil. Aksi tersebut merupakan pelanggaran terang-terangan terhadap hukum kemanusiaan internasional.

Rudal yang diluncurkan terindikasi berasal dari kota San’aa Yaman. Ibu kota Yaman tersebut menjadi tempat logistik, instalasi dan peluncuran rudal balistik oleh milisi Houtsi, sebagaimana penjelasan Al-Maliki.

Pasukan koalisi selama ini bersiaga menghalau setiap serangan yang dilancakran pemberontak Syiah Houtsi Yaman. Sebagaimana laporan-laporan sebelumnya, ratusan rudal balistik Syiah Houtsi telah menargetkan wilayah sipil di kota-kota Arab Saudi.

Selain dengan rudal balistik, Houtsi yang didukung rezim Iran, melakukan serangan dengan menggunakan drone dan perahu yang dikendalikan dari jarak jauh.

Al-Maliki menekankan bahwa komando pasukan gabungan koalisi akan terus mengawasi dan melakukan semua langkah yang ketat dan sesuai dengan hukum kemanusian internasional untuk melindungi warga sipil dan penduduk negara-negara koalisi dari serangan brutal tersebut. SPA

BACA: 227 Rudal Houtsi Telah Diluncurkan Mengancam Arab Saudi

Tema Terkait