Sensus Penduduk Arab Saudi Kelima Tahun 2020

  • admin
  • 21 Februari 2020
  • 504 Views
Sensus Penduduk Arab Saudi Kelima Tahun 2020

Sejak zaman kuno, manusia telah memiliki kepedulian dengan sensus populasi. Sumber-sumber sejarah menunjukkan sejak zaman Mesir kuno, Babilonia, peradaban Cina kuno, dan Romawi. Pada 1749, Swedia merupakan negara pertama yang melakukan sensus secara modern. Diikuti oleh Norwegia pada 1760, kemudian Denmark pada 1769, dan akhirnya Amerika Serikat pada 1790. Di negara-negara Arab, Mesir adalah negara Arab pertama yang melakukan sensus populasi modern, pada tahun 1882.

Arab Saudi baru mulai melakukan sensus penduduk secara nasional sebanyak 4 kali. Berikut tahun diadakannya sensus dan total populasi Arab Saudi:

  1. Sensus pertama, tahun 1974, jumlah penduduk 7.009.466 jiwa.
  2. Sensus kedua, tahun 1992, jumlah penduduk 16.948.388 jiwa.
  3. Sensus ketiga, tahun 2004, jumlah penduduk 22.678.262 jiwa.
  4. Sensus keempat, tahun 2010, jumlah penduduk 27.136.977 jiwa.

Pada tahun 2020 ini, sensus penduduk secara nasional di Arab Saudi, bertujuan untuk:

Pertama, mengumpulkan dan menyebarluaskan data ekonomi, sosial dan demografi populasi untuk menyediakan kebutuhan perencanaan dan penelitian dari data dasar tentang populasi dan perumahan yang diperlukan untuk rencana pembangunan.

Kedua, menyediakan kerangka kerja modern untuk semua penelitian statistik khusus, yang dilakukan dengan metode sampel. Seperti penelitian angkatan kerja, anggaran keluarga, penelitian demografis, kesuburan, kematian dan migrasi, penelitian kesehatan dan pendidikan, penelitian perumahan, survei perusahaan, dan penelitian ekonomi.

Ketiga, untuk database yang luas dan yang digunakan sebagai basis yang dapat diandalkan ketika melakukan studi dan penelitian yang dibutuhkan untuk program pembangunan.

Keempat, menyediakan data dan indikator populasi secara berkala untuk mengukur perubahan karakteristik populasi dari waktu ke waktu, melakukan perbandingan lokal, regional dan internasional, dan meninjau dan mengevaluasi perkiraan populasi masa depan.

Pada Sensus Nasional 2020, dilakukan Sensus Perumahan, Penduduk dan Perusahaan. Sensus ini didasarkan pada data terdaftar dari sejumlah entitas pemerintah, yang akan membantu memfasilitasi pekerjaan peneliti lapangan (enumerator). Caranya dengan memasukkan nomor ID warga atau ekspatriat di tablet secara langsung. Selain itu, warga negara dapat mengakses portal-E, dan mengisi formulir sensus dengan menggunakan metode penghitungan sendiri.

Untuk pengumpulan data dari rumah ke rumah, telah diterjunkan petugas lapangan yang bertanggung jawab mendata dari rumah penduduk. Petugas lapangan mayoritas adalah guru dan karyawan di Kementerian Pendidikan. Selain itu, petugas juga berasal dari warga Saudi yang memenuhi syarat untuk mengemban tugas tersebut.

Data dan informasi yang akan dikumpulkan Sensus 2020 dari rumah tangga dan perusahaan meliputi:

  1. Ukuran dan komposisi rumah tangga.
  2. Data distribusi usia.
  3. Data kebangsaan.
  4. Data kesehatan dan kecacatan.
  5. Tempat data kelahiran.
  6. Data status pendidikan.
  7. Data status pernikahan.
  8. Data karakteristik ekonomi.
  9. Informasi data komunitas: untuk mengidentifikasi cara budaya dan hiburan masyarakat..
  10. Data perusahaan (jumlah perusahaan, distribusi geografis, aktivitas dan cabang, jumlah pekerja, pendapatan)

Metode yang digunakan untuk pengumpulan data untuk Sensus 2020 adalah metode langsung. Yaitu dilakukan melalui wawancara pribadi dengan kepala rumah tangga atau anggota lain (berusia tidak kurang dari 15 tahun).

Selain itu, ada metode penghitungan sendiri yang memungkinkan orang untuk mengakses portal-E dan mengisi formulir sensus.

Di setiap wilayah, pemerintah setempat berpartisipasi dalam proyek sensus 2020. Sebagai contoh, komite lokal dibentuk di gubernuran semua wilayah yang dikepalai oleh pejabat yang bertanggung jawab dan pembuat keputusan. Komite ini memiliki anggota sejumlah pejabat dari direktorat atau departemen pemerintah yang berbeda. Komite ini bertujuan untuk memfasilitasi pekerjaan sensus di setiap wilayah.

Sensus Nasioan Arab Saudi 2020 telah dimulai sejak tahap persiapan 1 Januari 2018 dengan penomoran bangunan, perusahaan, unit perumahan dan penghitungan jumlah rumah tangga.

Tahap berikutnya adalah pencacahan aktual, yaitu:

  • Awal Sensus Arab Saudi 2020 (populasi dan perumahan) sampai dengan pada 17 Maret 2020.
  • Awal Sensus Arab Saudi 2020 (establishments) pada 1 September 2020.

Dan tahap terakhir, yaitu pengumuman hasil Sensus Arab Saudi 2020:

  • Hasil permulaan sensus penduduk dan perumahan, pada 1 Juni 2020.
  • Hasil akhir sensus penduduk dan perumahan, pada 1 September 2020.
  • Hasil permulaan sensus perusahaan, pada 1 Januari 2021.
  • Hasil akhir sensus perusahaan, pada tanggal 1 Juni 2021.

Sensus ini akan mencapai transformasi dalam metode enumerasi melalui pengintegrasian data berbasis register dengan data lapangan.

Ini juga akan memberikan gambaran yang akurat tentang data perumahan dan populasi di Arab Saudi berdasarkan karakteristik yang berbeda.

Permintaan data pasti akan meningkat dari berbagai sektor untuk mendukung perencanaan Saudi Vision 2030 dan 12 programnya.[saudicensus]

Tonton Infogarfisnya di tautan video ini https://youtu.be/_bEDlugkI6s

Tema Terkait