Benarkah Saudi Akan Kembali Terima Jemaah Umrah Mulai 14 Maret?

  • 29 Februari 2020
  • 3,626 views
Benarkah Saudi Akan Kembali Terima Jemaah Umrah Mulai 14 Maret?

Beredar viral informasi bahwa bandara Arab Saudi mulai kembali menerima jemaah umrah pada tanggal 14 Maret 2020. Sebagian lain menyebutkan tanggal 15 Maret 2020. Benarkah?

Informasi di atas viral di media sosial, di antaranya di Whastappp Grup, seperti di bawah ini:

“Alhamdulillah,
Kabar baik, Press realess semua bandara untuk umrah akan kembali normal pertanggal 14 Mar 2020
( 15 Hari lagi )

Jadi silahkan yg dibawah tgl 14 mar bisa di reschedule ketanggal 14 mar keatas.

Alhamdulillah”

Sementara itu, Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) di Jeddah telah mengeluarkan Press Release tentang perkembangan situasi paska kebijakan penangguhan sementara akses masuk jemaah umrah ke Arab Saudi.

Di antara poinnya adalah tidak ada keputusan resmi apapun yang dikeluarkan oleh pihak Kerajaan Arab Saudi terkait rencana pencabutan status penangguhan sementara akses masuk WN asing ke wilayah Arab Saudi untuk tujuan umrah dan wisata.

Poin lainnya dari surat edaran KJRI Jeddah, pernyataan bahwa tidak terdapat jemaah umrah WNI yang dinyatakan positif terdampak virus corona (COVID-19) pada saat ketibaan sehingga harus dipulangkan ke Tanah Air.

Adapun bagi WNI yang memegang izin tinggal yang masih berlaku di Arab Saudi (iqomah), tetap diizinkan masuk ke Arab Saudi, setelah melalui pemeriksaan kesehatan setibanya di Arab Saudi.

Lebih lengkapnya berikut salinan Press Release KJRI Jeddah, tertanggal 28 Februari 2020:

Ditulis oleh: News Admin

Konten Terkait