Video: Siapa Saja yang Masih Diperbolehkan Masuk ke Makkah dan Madinah?

  • 5 Maret 2020
  • 2,453 views
Video: Siapa Saja yang Masih Diperbolehkan Masuk ke Makkah dan Madinah?

Pertanyaan ini tidak sedikit muncul dari warga Saudi dan ekspatriat yang tinggal di Arab Saudi. Hal ini terkait keputusan pemerintah Arab Saudi yang menutup sementara Haramaian, apakah berarti juga melarang semua orang yang tidak berniat umrah?

Dalam wawancara di channel AlArabiya, Wakil Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi, Abdul Fatah Masyath, menjelaskan bahwa larangan tersebut hanya berlaku bagi warga Saudi dan ekspatriat yang pergi berumrah.

Pembawa acara di AlArabiya kemudian bertanya, “Bagaimana dengan peziarah (yang tidak untuk umrah) masuk ke Makkah dan Madinah?”

Abdul Fatah memastikan bahwa Makkah terbuka bagi pengunjung dari seluruh wilayah Kerajaan Arab Saudi. “Karena yang dilarang dan dihentikan adalah jemaah umrah.” lanjutnya.

Dari penjelasan tersebut, masyarakat Saudi maupun ekspatriat, yang memilki suatu urusan selain umrah, tidak ada larangan untuk masuk ke Makkah dan Madinah. Termasuk juga penduduk kota Makkah dan Madinah.

Keputusan ini mirip seperti saat musim haji. Pada waktu tersebut, seluruh warga di Saudi tidak diperkenankan masuk ke Makkah kecuali penduduk Makkah. Hanya yang memiliki izin (tasreh) diperbolehkan ke Makkah, baik untuk berhaji maupun untuk kegiatan lain, seperti bekerja.

Simak video singkatnya di sini

Ditulis oleh: admin

Konten Terkait