Penerbangan ke 6 Negara Arab Ditangguhkan, Denda 1/2 Juta Reyal Bagi Penyebar Virus ke Wilayah Saudi

  • 9 Maret 2020
  • 1,447 view
Penerbangan ke 6 Negara Arab Ditangguhkan, Denda 1/2 Juta Reyal Bagi Penyebar Virus ke Wilayah Saudi

Maskapai penerbangan Arab Saudi, Saudi Airlines, membatalkan semua penerbangan menuju dan dari 6 negara Arab. Keenam negara tersebut adalah Uni Emirat Arab, Kuwait, Bahrain, Libanon, Mesir, dan Irak.

Selain pembatalan penerbangan di atas, Kementerian Dalam Negeri Arab Saudi merilis larangan bepergian keenam negara Arab tersebut ditambah Korea Selatan dan Itali.

Larangan tersebut mengikat bagi warga Saudi dan ekspatriat yang tinggal di wilayah Arab Saudi, baik pergi ke dan tiba dari negara-negara tersebut.

Tidak cukup itu saja, langkah Pemerintah Saudi sangat serius untuk mencegah tersebarnya virus yang lebih meluas di wilayahnya.

Penuntut Umum (Niyabah ‘Ammah) juga mengingatkan kembali kepada seluruh warga dunia yang akan datang ke Arab Saudi, agar tidak melanggar peraturan terkait dengan penyebaran wabah virus menular.

Peringatan juga ditujukan kepada maskapai penerbangan yang mengangkut penumpang menuju wilayah Arab Saudi.

Niyabah ‘Aamah menekankan kepada setiap jasa pengangkut penumpang harus tunduk dengan syarat dan keharusan yang berlaku di setiap negara asal dan tujuan Arab Saudi.

Sesuai dengan Pasal 21 Tentang Pengawasan Kesehatan di Pintu Masuk Saudi, pelanggaran bagi pembawa penyakit menular ke wilayah Arab Saudi, diancam denda sebesar 500 ribu Reyal Saudi.

Ancaman sanksi tersebut akan dikenakan kepada pelaku pelanggaran atau perusahaan jasa pengangkut penumpang, seperti maskapai penerbangan.

Badan pengawas kesehatan dari Kementerian Kesehatan ditugaskan di lokasi kedatangan wilayah Saudi. Mereka terdiri dari 3 orang dipimpin seorang mustasyar nidzomii.

Mereka berhak menggiring ke meja hukum siapa saja yang terindikasi melakukan perbuatan kriminal dalam hal kesehatan. jll

Ditulis oleh: admin

Konten Terkait