Imbauan KJRI Jeddah Menyikpai Merebaknya Virus Corona di Arab Saudi

  • 13 Maret 2020
  • 1,963 view
Imbauan KJRI Jeddah Menyikpai Merebaknya Virus Corona di Arab Saudi

Konsulat Jenderal Arab Saudi kembali merilis Imbauan kepada warga masyarakat Indonesi yang berdomisili di Arab Saudi. Berikut isinya.

  1. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah menyatakan wabah virus corona Covid-19 sebagai pandemi global dan yang mematikan dengan tingkat penyebaran yang sangat masif dan pesat.
  2. Pemerintah Arab Saudi pada tanggal 27 Februari 2020 memutuskan penangguhan sementara pelaksanaan ibadah umroh dari seluruh negara termasuk Indonesia.
  3. Kementerian Dalam Negeri pada tanggal 4 Maret 2020 menerbitkan Surat Edaran tentang penangguhan sementara perjalanan umrah ke Mekkah dan kunjungan ke Masjid Nabawi di Madinah bagi seluruh warga negara Arab Saudi dan seluruh ekspatriat yang tinggal di Arab Saudi.
  4. Pemerintah Arab Saudi mengambil langkah-langkah tindak lanjut sebagai berikut:

a. Menutup Masjidil Haram di Mekkah dan Masjid Nabawi di Madinah 1 (satu) jam setelah salat Isya dan membukanya kembali 1(satu) jam menjelang salat Subuh. Larangan ini dimaksudkan untuk menghindari adanya kerumunan massa dalam jumlah besar yang beresiko tinggi terjadinya penularan Covid-19.

b. Menutup sementara lintasan tawaf untuk umroh di sekitar Ka’bah, guna mengurangi intensitas kontak jemaah saat melakukan tawaf, mengingat virus ini dikonfirmasi menular cepat antarmanusia (human-to-human transmission).

c. Menunda berbagai gelaran budaya dan pertunjukan hiburan di seluruh Arab Saudi.

d. Meminta agar tidak mengadakan dan/atau menghadiri pengumpulan massa lebih dari 50 orang.

e. Melarang kafe dan restoran menyajikan shisha dan menjual rokok bagi pelanggannya.

f. Memperluas cakupan larangan sementara bepergian ke/dari negara-negara Eropa, Afrika dan Asia, yang telah masuk dalam daftar yang ditetapkan dan dipublikasikan oleh Pemerintah Arab Saudi.

g. Per hari ini, Kamis, 12 Maret 2020, Otoritas Penerbangan Sipil atau General Authority of Civil Aviation (GACA) Arab Saudi telah mengeluarkan larangan sementara bagi Warga Negara (WN) Saudi dan mukimin untuk bepergian ke Filipina, India, Paskistan, Sri Lanka dan INDONESIA. WN Saudi dan mukimin diberikan tenggang waktu 72 jam untuk kembali masuk ke Arab Saudi. Demikian pula, para penumpang pesawat yang tiba dari 5 negara tersebut untuk sementara tidak diizinkan mendarat di bandara-bandara Arab Saudi.

5. Memperhatikan kebijakan yang telah diambil pemerintah setempat, KJRI Jeddah mengimbau seluruh WNI, khususnya yang berada di wilayah kerja KJRI Jeddah agar:

a. Mematuhi segala kebijakan/himbauan pemerintah setempat.

b. Mencermati setiap langkah/aturan/kebijakan yang dikeluarkan pemerintah setempat terkait upaya penanggulangan virus corona.

c. Menunda pelaksanaan kegiatan yang melibatkan kerumunan massa dalam jumlah besar dalam situasi kritis dan sensitif seperti saat ini, seperti acara-acara yang digelar di gedung pertemuan (istiraha), perhotelan dan tempat-tempat umum.

d. Bila tidak ada hal-hal yang mendesak, WNI diimbau agar tidak keluar rumah atau menghabiskan waktu di tempat-tempat umum, seperti taman, pantai, pusat perbelanjaan dan ruang terbuka lain yang menjadi titik perkumpulan massa.

e. Menunda perjalanan ke luar kota dan luar negeri bila tidak ada hal-hal yang mendesak.

f. Sebaiknya tinggal di rumah bila kesehatan sedang terganggu.

j. Menjalankan pola hidup sehat untuk menjaga kesehatan tubuh dari serangan virus corona, antara lain dengan:

a. Mencuci tangan dengan benar.

Sering mencuci tangan dengan sabun atau cairan pembersih kuman dan bakteri, atau hand sanitizer. Silakan klik tautan berikut:

https://www.youtube.com/watch?v=7cahM8rJ90E&feature=youtu.be
(Sumber: Kementerian Kesehatan Arab Saudi)

b. Menutup hidung dan mulut saat batuk dan bersin.

c. Kenakan masker dengan benar.

Cara pakai masker bedah yang benar adalah sisi berwarna pada masker harus menghadap ke luar, sementara sisi dalamnya yang berwarna putih menghadap wajah dan menutupi dagu, hidung, dan mulut.

d. Menjaga daya tahan tubuh

Meningkatkan daya tahan tubuh untuk mencegah serangan virus corona dengan meningkat kebugaran tubuh melalui olahraga, tidak merokok dan tidak mengkomsumsi minuman beralkohol.

6. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi Call center KJRI Jeddah di nomor: (+966 50 360 9667)

Demikian imbauan ini disampaikan, agar menjadi perhatian bagi semua WNI di Wilayah Kerja KJRI Jeddah.

Jeddah, 12 Maret 2020
Nomor Refrensi : 1256 /PSB/03/2020

Ditulis oleh: News Admin

Konten Terkait