Arab Saudi Berlakukan Jam Malam Mulai Senin Ini

  • News Admin
  • 23 Maret 2020
  • 2135 Views
Arab Saudi Berlakukan Jam Malam Mulai Senin Ini

Kantor Berita Arab Saudi (SPA) merilis Dektrit Khadimul Haramain yang berisi 3 poin utama. Tujuannya untuk membatasi penyebaran virus corona (Covid-19). Berikut penjelasannya.

Sebagaimana perhatian yang sangat besar terhadap keselamatan dan kesehatan warga dan ekspatriat di Arab Saudi, maka Khadimul Haramain, Raja Salman bin Abdulaziz, mengeluarkan perintah sebagaimana berikut:

  1. Memberlakukan jam malam, melarang berpergian keluar rumah dari 19.00 malam sampai dengan 06.00 pagi, mulai hari Senin malam, 28 Rajab 1441 H, bertepatan dengan 23 Maret 2020 M, selama 21 hari.
  2. Kementerian Dalam Negeri Arab Saudi akan mengambil tindakan yang diperlukan untuk menerapkan peraturan jam malam ini. Dan untuk seluruh otoritas sipil dan militer agar berkoordinasi sepenuhnya dengan Kementerian Dalam Negeri dalam hal ini.
  3. Jam malam dikecualikan bagi karyawan sektor vital di sektor publik dan swasta yang pekerjaannya membutuhkan kesinambungan di waktu pemberlakuan jam malam. Ini termasuk petugas sektor keamanan, militer dan media, serta petugas di sektor kesehatan dan pelayanan yang sensitif, sebagaimana detailnya dikeluarkan oleh Kementerian Dalam Negeri. Dengan tetap memperhatikan kondisi dalam ruang lingkup terbatas dan sesuai dengan prosedur serta kontrol yang ditetapkan oleh otoritas terkait.

Dektrit ini termasuk perintah kepada seluruh warga agar tetap tinggal di dalam rumahnya, terutama saat peberlakuan jam malam.

Warga diminta tidak keluar rumah kecuali untuk kepentingan yang sangat mendesak di selain waktu jam malam.

Langkah ini merupakan upaya menjaga kesehatan masyarakat yang menjadi tugas penting bagi seluruh warga negara dan siapa pun yang tinggal di Arab Saudi.

Di akhir rilis SPA, mengingatkan kepada semuanya agar mematuhi dan tidak melanggar ketetapan ini, guna menghindari resiko penyebaran pandemi ini. SPA

Tema Terkait