Belum Ada Keputusan Haji Dibatalkan, Tetapi Kontrak Layanan yang Ditunda

  • News Admin
  • 24 Maret 2020
  • 2318 Views
Belum Ada Keputusan Haji Dibatalkan, Tetapi Kontrak Layanan yang Ditunda

Beredar viral potongan video jumpa pers Duta Besar Arab Saudi untuk Senegal dalam beberapa hari terakhir ini. Dalam video singkat tersebut, Abdullah Ahmad Al-Abdan tidak menyampaikan pembatalan atau penangguhan ibadah haji.

Di potongan video tersebut, Abdullah mengatakan bahwa sampai saat ini Kerajaan Arab Saudi belum mengambil keputusan apapun untuk membatalkan pelaksanaan haji.

Dia meminta agar semuanya menunggu dengan sabar sambil menunggu kebijakan baru yang akan diambil.

Dengan demikian, dia berharap, “Sehingga tidak ada seorang pun yang terbebani dengan segala persiapannya tetapi tidak terlaksana.”

Sebagian netizen mengomentari dengan menyimpulkan bahwa Arab Saudi telah membatalkan musim haji tahun ini. Yang lainnya menggiring opini bahwa kemungkinan besar manasik haji dibatalkan.

Isu tentang kepastian manasik haji ini erat terkait dengan pandemi virus corona. Arab Saudi sendiri telah menangguhkan umrah sejak akhir Februari lalu dan sampai saat ini menutup pintu masuk dan keluar dari wilayah negaranya.

Adapun surat Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi yang ditujukan kepada Kantor Urusan Haji RI adalah himbauan untuk bersabar dalam menyelesaikan kewajiban baru berkaitan haji tahun ini.

Hal ini dipertegas Konsul Haji RI di Jeddah, Endang Jumali, “Ingat bahasanya adalah ‘Menunggu untuk kontrak-kontrak yang berkaitan dengan finansial’ baik hotel ataupun angkutan udara. Bukan penundaan haji,” tegasnya, sebagaimana dikutip vivanews.com.

Tema Terkait