Video: Bagaimana Warga Saudi Menyikapi Jam Malam

  • admin
  • 24 Maret 2020
  • 2600 Views
Video: Bagaimana Warga Saudi Menyikapi Jam Malam

Dektrit Khadimul Haramain, Raja Salman bin Abdul Aziz, dirilis dini hari, Senin (23/3), memutuskan diberlakukan Jam Malam (curfew). Di pagi harinya, semua portal berita online dan media sosial netizen warga Saudi, menulis kabar yang sama.

Isi dektrit berisi 3 butir adalah larangan keluar rumah bagi seluruh warga dan ekspatriat di Arab Saudi mulai Senin (23/3), dari jam 7 malam hingga 6 pagi, selama 21 hari. Ada pengecualian bagi beberapa bagian vital seperti pangan, kesehatan, telekomunikasi dan keamanan.

Sanksi mengancam, denda sebesar 10 ribu Reyal Saudi bagi siapa saja yang melanggar tanpa terkecuali.

Menjelang pukul 7 malam, jalanan mulai lenggang, tidak seperti biasanya. Pihak keamanan gabungan, mulai dari Murur, Dauriyatul Amn, al-Haris al-Wathoni, Quwwatul Amn al-Khos, al-Thowariy, Al-Amn al-‘Aam, tampak menempati posnya masing-masing.

Bukan bersiap untuk perang, tetapi memastikan efektifitas keputusan Raja Salman untuk mengosongkan jalanan dan tempat-tempat umum dari warga.

Stasiun televisi AlArabiya menurunkan reporternya di setiap kota dan menyiarkannya secara langsung. Dimulai dari kota Dammam, ibukota Wilayah Timur Arab Saudi, Al-Khobar, Riyadh, Jazan, Makkah, hingga ke Rafah di Batas Utara Arab Saudi.

Yang terekam cukup menakjubkan. Tidak ada kesulitan pihak keamanan menuntaskan keputusan rajanya. Baik penduduk asli maupun warga asing yang bermukim di Arab Saudi, menunjukkan kepatuhannya terhadap qoror raja.

Beberapa pelanggaran minor terjadi. Tetapi pihak keamanan tidak berkompromi, setiap kendaraan yang tercegat di pos keamanan, langsung dijepret nomor polisinya dan disanksi denda.

Akun beberapa netizen merekam kejadian kejar-kejaran sebuah mobil dengan pihak keamanan. Ada juga kejadian sekelompok anak muda yang diringkus dan mengamankan perempuan yang mengendarai mobil di tempat yang berbeda. Semuanya dijatuhi sanksi.

Melalui media sosial, beberapa warga memberikan dukungan menyemangati polisi. Di antaranya seorang yang menvideokan dan mendoakan dari jendela atas rumahnya, saat patroli lewat, “semoga Allah menguatkan kalian!”

Di salah satu check point di Rafah, reporter AlArabiya menyampaikan bahwa pihak keamanan merasa mudah mengerjakan tugasnya. Tidak lain karena warga sangat kooperatif dan komitmen dengan peraturan Jam Malam.

Saksikan berbagai laporan di beberapa kota di video di bawah ini:

Tema Terkait