Hati-hati! Ada 10 Pencuri di Bulan Ramadan

  • News Admin
  • 22 April 2020
  • 1706 Views
Hati-hati! Ada 10 Pencuri di Bulan Ramadan

Ada 10 pencuri yang begitu dekat dengan kita. Hati-hati jangan sampai mereka mencuri Ramadan kita. Berikut para pencuri tersebut.

  1. Televisi
    Ini adalah PENCURI BERBAHAYA yang dapat merusak dan mengurangi pahala puasa, karena di dalamnya terdapat acara dan program yang tidak berguna. Alih-alih rahmat Allah yang turun kepada Anda, namun malah kemurkaan Allah yang didapat. Semoga Allah melindungi.
  2. Pasar
    Ini adalah PENCURI yang spesialisasinya mencuri harta dan waktu tanpa perhitungan. Karena itu, tetapkan tujuan Anda sebelum masuk pasar, agar Anda tidak rugi karena kehilangan KEBERUNTUNGAN di bulan RAMADHAN. Jangan lupa pula untuk berdoa dan berdzikir sebelum masuk pasar.
  3. Dapur
    Ini adalah PENCURI yang seringkali menghabiskan waktu kaum wanita, di mana mereka beraktivitas menyediakan berbagai macam makanan dan minuman yang sebenarnya hampir tidak ada bedanya.
  4. Begadang
    Inilah PENCURI waktu yang paling berharga, terutama saat berada di luar Rumah, terlebih lagi di tempat-tempat yang menyediakan sahur. PENCURI inilah yang mencuri waktu seorang hamba pada sepertiga malam terakhirnya dari melaksanakan tahajud, beristighfar dan bertaubat.
  5. Smartphone
    Sebagian orang menghabiskan waktu dengan telepon genggamnya, tetapi ternyata berkubang di dalam dosa. Baik itu dalam menyia-nyiakan waktu, ghibah, namimah (adu domba), dusta, membongkar rahasia, atau mendebatkan sesuatu yang tidak bermanfaat.
  6. Kumpul-kumpul Tanpa Dzikir
    PENCURI ini akan menyebabkan Anda merugi di hari kiamat. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Tidaklah suatu kaum berkumpul dalam suatu majelis yang mereka tidak berdzikir kepada Allah dan tidak bersholawat kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, melainkan mereka akan merugi di hari kiamat. Jika Allah erkehendak Ia akan mengadzabnya atau mengampuninya.” [HR Ahmad] Lakukan sebagaimana yang Allah perintahkan: “Berdzikirlah (ingatlah) Allâh baik di saat berdiri, duduk maupun berbaring.” [QS an-Nisâ : 103]
  7. Tidak Menjaga Syari’at
    Wanita yang tidak komitmen memegang syariat, seperti tidak berhijab syar’i yang menutup aurat, berparfum saat keluar rumah, maka ini semua akan mengurangi kebaikannya.
  8. Pelit
    SEDEKAH itu akan melindungi Anda dari neraka. Dan sebaik-baik sedekah itu adalah sedekah pada bulan RAMADHAN. Karena itu, hendaknya Anda bersedekah, baik secara terang-terangan maupun sembunyi-sembunyi, dan jauhilah sifat bakhil (pelit) lagi kikir.
  9. Durhaka Kepada Orang Tua
    PENCURI ini tidak memiliki rasa kasih sayang. Di antara dampaknya yang paling berbahaya adalah tidak diterimanya doa kita! Maka dari itu, berbaktilah kepada orang tua Anda. Selalulah tersenyum di hadapan wajah mereka meskipun mereka bermuka masam di hadapanmu.
  10. Riya
    Riya’ merupakan PENCURI TERBESAR, karena semua amalan yang dikerjakan jadi tidak berguna dan tidak bermanfaat. Di antara contoh riya misalnya Anda membuat-buat diri Anda menangis saat sholat tarawih agar Anda dianggap orang yang khusyu’. Maka ketahuilah bahwa amalan itu hanya diterima apabila ikhas dan mencontoh Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, baik yang dikerjakan terang-terangan maupun yang tersembunyi.

*)Dari buku PDF “Para Pencuri Ramadhan” terjemahan Abu Salma Muhammad, dengan beberapa perubahan seperlunya. Unduh bukunya di sini http://bit.ly/2H6wYvn

Tema Terkait