Jubir Pimpinan Umum Haramain: Waspada Rumor dan Ambil Berita dari Sumber Resmi

  • 1 Mei 2020
  • 3,658 views
Jubir Pimpinan Umum Haramain: Waspada Rumor dan Ambil Berita dari Sumber Resmi

Dalam cuitan dini hari Jum’at (1/5) tadi, Juru Bicara Pimpinan Umum untuk Urusan Masjidil Haramain menulis: “Kami serukan kepada semua orang untuk mewaspadai terhadap rumor dan ambil berita dari sumber resminya.”

Seruan ini terkait dengan viralnya rumor atau berita palsu tentang pembukaan Masjidil Haramain mulai hari Jum’at (8 Ramadan 1441). Informasi ini beredar dari sebuah screenshot dengan menggunakan logo Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi.

Sementara Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi tidak pernah menulis pengumuman tersebut. Baik di website resminya atau pengumuman di akun twitter, sebagaimana biasa.

Oleh akun volunteer @hsharifain dipastikan bahwa itu adalah berita fake alias hoax.

Berita viral seperti sama persis dengan kabar pembukaan masjid di seluruh wilayah Arab Saudi. Pembuat hoax berani mencatut nama Raja Salman yang mengeluarkan dektrit tersebut.

BACA: Viral Berita Raja Salman Izinkan Membuka Masjid Untuk Shalat di Arab Saudi

Pemerintah Arab Saudi, dari seluruh kementerian, berkali-kali mengingatkan kepada netizen agar cerdas dan bijak dalam mengutip dan menyebarkan berita. Semuanya diminta untuk merujuk ke sumber terpercaya dan resmi. jll

Ditulis oleh: News Admin