Sulaiman al-Rajhi: Pebisnis Saudi yang Dermawan

  • News Admin
  • 16 Mei 2020
  • 335 Views
Sulaiman al-Rajhi: Pebisnis Saudi yang Dermawan

Sulaiman bin Abdul Aziz Al Rajhi (Arab: سليمان بن عبد العزيز الراجحي) adalah seorang pebisnis dan miliarder Arab Saudi. Kekayaannya ditaksir mencapai $7.7 miliar pada tahun 2011 oleh majalah Forbes, menjadikannya orang terkaya ke-120 di dunia.

Tahukah Anda, bahwa Sulaiman Al Rajhi yang lahir di Qasim pada tahun 1929 adalah lulusan SD? Beliau berasal dari keluarga miskin di Arab hingga untuk sekolah saja sangatlah sulit. Akhirnya setelah lulus SD, Sulaiman Al Rajhi memilih bekerja untuk membantu keluarganya agar bisa bangkit dari kemiskinan.

Sulaiman Al Rajhi yakin bahwa untuk bisa sukses dengan cepat, seseorang harus menjalankan sebuah bisnis. Bahkan, Nabi Muhammad shalallahu alaihi wa sallam juga menjalankan sebuah bisnis untuk keluarga dan umat-umatnya.

Sulaiman Al Rajhi membangun bisnis di bidang perkebunan dengan mendirikan perusahaan bernama National Agricultural Development Company (NADEC).

Sulaiman Al Rajhi memiliki 23 anak yang dibesarkan sendiri dengan uang-uangnya. Seluruh anaknya dididik untuk mampu berusaha dan berbisnis. Setiap anak dari Sulaiman Al Rajhi diberi perusahaan untuk dikembangkan sendiri dan menjadi pundi-pundi uang dengan usahanya sendiri.

Di usianya yang genap 90 tahun, Sulaiman Al Rajhi ingin hidup dengan bahagia. Dia tidak membutuhkan semua harta yang dimiliki meski jumlahnya sangatlah banyak.

Uang yang berjumlah $7,7 miliar itu disumbangkan ke lembaga amal untuk keperluan pendidikan dan juga kesejahteraan masyarakat di negara Arab. Keputusan ini juga didukung oleh 23 anak-anaknya karena hanya itu yang bisa membuat ayahnya bahagia.

Selain menyumbangkan hartanya untuk amal. Sulaiman Al Rajhi juga membangun sebuah kampus bernama Sulaiman Al Rajhi University di tanah kelahirannya. Universitas ini gratis bagi masyarakat miskin yang ingin belajar tentang kesehatan dan perbankan Islam yang dewasa ini mulai merambah negara-negara di kawasan Eropa.

Sulaiman Ar Rajhi juga memiliki kebun kurma terbesar di dunia yang terletak di Provinsi Al Qasim, Arab Saudi. Kebun kurma ini memiliki luas sekitar 5.000 hektar dan ditumbuhi 200.000 pohon kurma dari 45 jenis kurma.

Ternyata kebun kurma ini diwakafkan oleh Al Rajhi untuk kepentingan Islam. Hasil panennya dibagikan kepada lembaga-lembaga amal dan Haramain yaitu Masjidil Haram dan Masjid Nabawi setiap Bulan Ramadhan untuk buka bersama. Inilah yang tercatat sebagai wakaf terbesar di dunia.

Suilaman Ar Rajhi juga membangun masjid yang cukup megah dan besar di jantung Kota Riyadh. Di mana masjid yang beliau bangun bisa menampung 18.000 jama’ah. Beliau bangun masjid tersebut dari harta pribadinya.

Semoga Allah subhanahu wa ta’ala senantiasa merahmati Suilaman Ar Rajhi dan memberkahi sisa umurnya dan seluruh hartanya… aamiin.

Dirangkum dari berbagai sumber dengan sedikit perubahan.

*) Dinukil dari laman FB Fajar Sodik

Tema Terkait