Tiga Hari Paska Masjid Dibuka di Arab Saudi, Fenomena yang Tampak

  • News Admin
  • 2 Juni 2020
  • 3042 Views
Tiga Hari Paska Masjid Dibuka di Arab Saudi, Fenomena yang Tampak

Tiga hari paska diadakannya kembali sholat berjamaah di Arab Saudi dengan shaf saling berjauhan, berikut di antara fenomena yang terpantau:

  1. Sebagian kecil jamaah masih ada yang tidak membawa sajadah dari rumah. Imam pun tidak bosan-bosan memberikan pengarahan dan mengingatkan.
  2. Sebagian kecil jamaah ada juga yang belum mengenakan masker wajah. Padahal denda yang tertera sebesar 1,000 reyal bila aturan ini dilanggar. Entah aturan ini diterapkan secara umum atau ada pengecualian untuk jamaah masjid. Sepertinya sih umum.
  3. Tidak semua masjid dapat menerapkan jaga jarak 2 meter. Sebagiannya hanya menerapkan antara 1 hingga 1,5 meter. Khususnya di masjid-masjid kecil seperti di kampung kami tinggal. Luas masjidnya tidak lebih luas dari Masjid Nurul Iman di samping kampung halaman desa Pekalongan Lampung Timur, rumah orang tua kami.
  4. Masjid full sampai belakang. Ini jelas, karena shaf-nya yang renggang-renggang.
  5. Karena masjid full. Akhirnya sebagian jamaah sholat di halaman masjid. Sekali kami masbuk sholat isya, dapatnya di halaman luar masjid. Meski malam hari, hot-nya Arab Saudi masih tetap terasa.
  6. Sebagian jamaah masih ada yang ndesel-ndesel “mengganggu” shaf yang sudah full. Mungkin karena mereka belum tahu aturan shaf tersebut. Atau pura-pura tidak tahu?
  7. Jamaah tampak antusias mengerjakan sholat 5 waktu. Bedanya, tidak tampak anak-anak di bawah usia 15 tahun (karena secara aturan tidak diperkenankan), yang terkadang mereka menuju ke masjid sambil lari-larian. Tapi memang tampak lebih sepi.
  8. Di masjid kampung kami tinggal disediakan masker dan sanitizer. Entah masjid lainnya.
  9. Sebagian masjid diberi tanda pada shaf, tapi sebagiannya tidak, seperti masjid di kampung kami tinggal.
  10. Bila untuk sholat lima waktu masjid sudah full seperti ini. Lalu bagaimana dengan sholat jumatnya ya? Masih menunggu info dan arahan resmi dari pemerintah sini. Yang kami dengar, sholat jumat juga ada diadakan di sebagian masjid kecil (mushola).

Semoga Allah segera mengangkat wabah ini dari kita semuanya.

*) Dinukil dari laman FB Ustadz Muhammad Sulhan Jauhari

Tema Terkait

Apa Cita-Citamu?

Apa Cita-Citamu?

Di depan Ka’bah tepatnya di dekat rukun Yamani, empat orang pemuda bersepakat untuk memohon apa