Di Masa Pandemi, 12 Ribu Lebih Warga Asing di Saudi Kembali ke Negaranya

  • 4 Juni 2020
  • 977 views
Di Masa Pandemi, 12 Ribu Lebih Warga Asing di Saudi Kembali ke Negaranya

Sampai saat ini, warga asing di Arab Saudi yang terdaftar dalam program inisiatif “Awdah” mencapai 178.452 orang. Mereka terdiri dari berbagai negara, yang telah memegang visa final exit, exit re-entry atau jenis visa lainnya, selama periode 22 April hingga 3 Juni 2020.

Dari jumlah tersebut, sebanyak 12.798 ekspatriat telah berhasil diterbangkan, setelah mendapatkan persetujuan dari negaranya masing-masing untuk menerima mereka.

Program “Awdah” ini merupakan upaya untuk memfasilitasi warga asing di Arab Saudi dari seluruh dunia, untuk dapat kembali ke negaranya, di tengah penangguhan penerbangan internasional karena pandemi coronavirus.

Sampai sekarang ekspatriat di Saudi masih dapat mendaftar ke program “Awdah” melalui Absher. Saat mendaftar, pengaju diminta untuk memberikan data informasi, seperti: nomor Iqamah, tanggal lahir, nomor ponsel, kota keberangkatan dan bandara tujuan.

Untuk mengajukan program tersebut, ekspatriat tidak perlu memiliki akun di Absher.

Inisiatif Awdah ini merupakan kerja sama Kementerian Luar Negeri Arab Saudi dengan sejumlah lembaga pemerintah lainnya, seperti Kementerian Haji dan Umrah, Kementerian Sumber Daya Manusia dan Pembangunan Sosial, Pusat Informasi Nasional, Otoritas Umum Penerbangan Sipil , dan Saudi Arabian Airlines.

Selain itu, otoritas keamanan turut serta dalam menyukseskan program ini, seperti Direktorat Keamanan Publik, Direktorat Jenderal Paspor, Direktorat Jenderal Penjara, dan Administrasi Umum untuk Urusan Asing, dan Kementerian Dalam Negeri Arab Saudi. SG

Ditulis oleh: News Admin

Konten Terkait