Sulaiman Al-Qanuni: Siapa Sultan Utsmani yang Namanya Sebagai Jalan Diganti di Riyadh?

  • 16 Juni 2020
  • 2,656 views
Sulaiman Al-Qanuni: Siapa Sultan Utsmani yang Namanya Sebagai Jalan Diganti di Riyadh?

Nama Sultan Sulaiman Al-Qanuni dihapus dari salah satu nama jalan di kota Riyadh, Arab Saudi. Sultan Sulaiman Al-Qanuni atau yang dikenal Sulaiman I adalah Sultan ke-10 dari Daulah Utsmani yang berkuasa pada tahun 1520 hingga 1566, sebagaima yang dilaporkan moslemtoday.

Berita ini viral sejak Sabtu (13/6) lalu di lini masa twitter warga Saudi. Tidak diketahui pasti alasan Pemerintah Kota Riyadh menurunkan plang nama dan mengganti nama jalan tersebut.

Meskipun demikian, banyak yang belum mengenal sosok sebenarnya Al-Qanuni yang pernah berkuasa selama 46 tahun ini.

Berikut yang direkam dalam buku-buku sejarah:

Ketika kota Baghdad Irak dimasuki olehnya, Al-Qanuni membangun kuburan Abu Hanifah dengan membuatkan kubah di atasnya.

Kemudian dia mengunjungi tempat yang disucikan oleh Syiah Rafidhah di Najf dan Karbala Irak, membangun kembali situs-situs ritual yang telah dihancurkan. (Ad-Daulah Al-Utsmaniyah Daulatun Islamiyyah juz 1 hal. 25 dan Tarikh Daulah Ulyah, hal. 223).

Dia diberi julukan Al-Qanuniy karena dialah orang pertama yang memasukkan undang-undang Eropa ke tengah-tengah kaum muslimin serta diterapkan di mahkamah, yang membuat kaum Yahudi dan Nashara tertarik terhadapnya.

Dan dia juga yang mengganti hukum-hukum dalam Al-Qur’an dengan hukuman penjara dan denda. (Waqi’unaa al-Muashir, hal. 160, Tarikh Daulah Ulyah hal. 177 dan 198).

Jadi, apakah pantas plang jalan dan nama Sulaiman Al-Qanuni diganti di kota Riyadh?

Ditulis oleh: News Admin