Tanggapan Resmi Arab Saudi Terhadap Sikap Mesir Atas Libya

  • News Admin
  • 21 Juni 2020
  • 2007 Views
Tanggapan Resmi Arab Saudi Terhadap Sikap Mesir Atas Libya

Kementerian Luar Negeri Arab Saudi menyatakan bahwa Kerajaan Arab Saudi mendukung Deklarasi Kairo tentang Libya, yang diumumkan pada tanggal 6 Juni 2020, oleh Presiden Mesir, Abdul Fattah al-Sisi.

Deklarasi tesebut menekankan untuk mencari solusi politik dalam krisis Libya, melakukan gencatan senjata dan menghindari pertumpahan darah, serta menjaga keutuhan wilayah Libya.

Sebagaimana juga kepentingan nasional Libya untuk menjaga perdamaian di perbatasan, Arab Saudi menegaskan bahwa keamanan Republik Arab Mesir merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari dari keamanan Kerajaan Arab Saudi dan seluruh negara Arab.

Kerajaan berdiri bersama Mesir dalam haknya untuk mempertahankan perbatasan bagian barat dan rakyatnya, dari ancaman ekstremis dan milisi teroris serta pendukungnya di wilayah tersebut.

Di saat yang sama, Kerajaan Arab Saudi menyeru kepada masyarakat internasional untuk merespon sebagai bentuk tanggung jawabnya atas seruan Presiden Abdel Fattah Al-Sisi untuk mencapai solusi yang komprehensif.

Dalam rilis Kemenlu Arab Saudi tersebut, termasuk penegasan keselamatan dan keamanan tanah Libya, memulihkan institusi dan memberantas terorisme dan milisi ekstrimis, serta mengakhiri intervensi asing ilegal yang memicu terorisme di wilayah tersebut. KASMOFA

Tema Terkait