Membiasakan Hal Baru di Kehidupan Baru Bersama Corona

  • 22 Juni 2020
  • 623 views
Membiasakan Hal Baru di Kehidupan Baru Bersama Corona

Mulai hari Ahad, 29 Syawwal 1441 atau bertepatan dengan 21 Juni 2020, Arab Saudi membuka lockdown. Peraturan jam malam (curfew) yang sebelumnya membatasi warga bepergian keluar rumah, kini tidak berlaku lagi.

Meskipun demikian, jumlah yang terinfeksi belum hilang sama sekali, bahkan cenderung ada peningkatan.

Di hari pertama pembebasan curfew, tercatat 3,379 infeksi baru dengan 2,213 kesembuhan. Total seluruh kasus sebanyak 157,612 orang terpapar corona, tetapi dengan jumlah sembuh 101,130 orang. Artinya, ada 56,482 orang positif corona dengan tingkat status yang berbeda.

Mengembalikan kehidupan normal sepertinya bukan perkara yang mudah. Terlebih lagi, protokol kesehatan yang ketat tetap diberlakukan, sebagai upaya pencegahan penyebaran virus.

Di antara yang wajib dibiasakan adalah penggunaan masker dan penjagaan jarak. Saat transaksi jual-beli, pembayaran non tunai pun lebih disarankan.

Di restoran, kini tidak tersedia table menu yang biasa tersedia untuk memilih makanan yang diinginkan. Sama halnya di masjid, dilarang menyediakan mushaf al-Quran.

Sebagai gantinya, pihak restoran menyediakan barcode untuk discan dengan smartphone. Menu hidangan dan harganya akan muncul di HP masing-masing pelanggan.

Demikian pula di masjid, mushaf Al-Quran kini berbentuk digital. Cara memperolehnya, seperti di video ini:

Selain itu, dimana-mana kini tersedia thermal detector, alat seperti pistol yang ditembakkan ke jidad atau tangan untuk memeriksa suhu badan.

Salon cukur, kecantikan, klub olaharga seperti gym, dan lainnya juga sudah mulai diperbolehkan dibuka. Tetapi semuanya harus mengikuti peraturan yang telah ditetapkan otoritas yang berwenang.

Pemerintah Arab Saudi juga telah menyiapkan sanksi hukuman bagi pelanggar protokol kesehatan. Selamat menjalani kehidupan baru!

Ditulis oleh: admin

Konten Terkait