Seleksi Calon Jemaah Haji Tahun Ini Dilakukan Secara Online

  • 25 Juli 2020
  • 560 views
Seleksi Calon Jemaah Haji Tahun Ini Dilakukan Secara Online

Menteri Haji dan Umrah Saudi, Muhammad Salih bin Taher Banten, mengatakan pada hari Jumat (24/7), bahwa tahun ini tidak ada pejabat pemerintah ikut berhaji.

Sebagaimana yang dikutip Saudi Press Agency (SPA), Banten mengungkapkan bahwa hal terpenting saat ini adalah memastikan keselamatan jemaah haji.

Juga para petugas yang bekerja dalam pelayanan para jemaah, yang akan mengikuti rencana strategis dan protokol kesehatan yang ketat.

Dari puluhan ribu jemaah yang mendaftar, “faktor penentu dalam proses pemilihan jemaah yang dapat berhaji adalah kesehatan,” jelasnya.

“Tidak ada calon jemaah khusus yang dikecualikan untuk musim Haji 1441 H tahun ini,” tambah Banten.

Proses seleksi calon jemaah haji dalam negeri Saudi, benar-benar transparan dan cermat, tunduk kepada faktor-faktor penentu kesehatan.

Dalam acara Liqaa Mubasyir di stasiun televisi Alarabiya, Banten memastikan bahwa proses seleksi jemaah haji tahun ini dilakukan secara elektronik (online), tanpa campur tangan manusia.

Setiap calon jemaah haji dites kesehatannya dan harus mengantongi sertifikat PCR yang membuktikan bebas dari Covid-19.

Beberapa hari sebelum keberangkatan, jemaah harus melakukan karantina di rumah, kemudian karantina saat kedatangan sebelum masuk miqat.[]

Ditulis oleh: admin

Konten Terkait