20 Destinasi Wisata Paling Indah dan Menakjubkan di Arab Saudi

  • 26 Juli 2020
  • 1,116 view
20 Destinasi Wisata Paling Indah dan Menakjubkan di Arab Saudi

Pariwisata di Arab Saudi mungkin tidak memiliki momentum yang diperhatikan di masa lalu. Tetapi itu telah menjadi masa lalu.

Paska dibukanya visa turis ke Arab Saudi, memudahkan bagi warga dunia mengunjungi Saudi untuk tujuan wisata.

Meskipun tidak menempati posisi terbaik dalam daftar negara-negara tujuan wisata dunia, tetapi bukan berarti Saudi bukan negara yang tidak layak dikunjungi.

Berikut 20 lokasi wisata di Arab Saudi yang paling indah yang layak dikunjungi di Saudi, yang kaya akan warisan dan peradabannya

(1) Wadi Lajab, Al-Raits
Tujuan wisata Lembah Lajab merupakan lokasi yang terdapat celah berbatu di tengah aliran air di timur laut kota Jizan. Area yang ideal untuk bermain kano dan berenang.

Tidak sedikit wisatawan lokal berdatangan ke lembah ini, terutama di musim panas karena suasana yang indah dan khas.

Dengan pemandangan lembah berbatu yang menutupi sinar matahari, memungkinkan wisatawan untuk berenang dan berendam di aliran sungai untuk waktu yang lama.

Wadi Lajab, Al-Raits

(2) Syarm Obhur – Jeddah
Salah satu daerah wisata paling populer di Arab Saudi adalah Syarm Obhur, yang terletak 30 kilometer dari kota Jeddah.

Daerah ini biasa disebut juga sebagai “Pengantin Laut Merah.”

Pantainya memiliki kekhasan terletak di sisi timur Laut Merah, di barat Kerajaan Arab Saudi. Banyak turis berduyun-duyun ke Obhur, terutama di musim panas.

Sharm Obhour menawarkan berbagai hiburan dan rekreasi seperti menyelam dan menikmati sunset yang spektakuler dari pantai.

Syarm Obhur

(3) Wadi Thuwaiq
Di ibu kota Riyadh terdapat salah satu tempat wisata yang dibanggakan warga Saudi.

Lembah Thuwaiq dianggap sebagai lembah terpanjang yang diselingi dengan alam yang indah dari bebatuan dan pepohonan Talha. Puncak wisata ke lembah ini terjadi pada musim semi dan panas.

Ketika hujan turun di wilayah ini, air terjun menambah keindahan bentang alamnya. Tetapi untuk mencapainya tidak mudah, karena jalanan yang berlumpur, sulit untuk dilalui.

Wadi Thuwaiq

(4) Taman Al-Tanahat
Suasana alam yang indah, sangat cocok untuk wisataa keluarga. Anda tidak akan menemukan yang lebih baik daripada taman Al-Tanhat ini.

Terletak di Provinsi Riyadh, dikelilingi pasir Dahna dari Timur. Terdapat banyak lembah, salah satu taman rumput dan bunga terbesar di Arab Saudi.

Di taman Al-Tanahat, terdapat banyak pepohonan, seperti akasia dan sidr, serta berbagai jenis bunga, yang menjadikan tempat ini sebagai destinasi wisata musim semi yang luar biasa.

Taman Al-Tanahat

(5) Dumah Al-Jandal – Al-Jouf
Dumah Al-Jandal adalah salah satu landmark pariwisata yang paling menonjol di Arab Saudi. Destinasi wisata di bagian utara Saudi yang terkenal dan banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal dan mancanegara.

Wilayah ini mencakup banyak lokasi wisata, di antaranya Danau Dumah Al-Jandal, situs warisan budaya peradaban Islam yang menjadi ciri Saudi, seperti Masjid Umar bin Al-Khattab, yang dianggap menara adzan pertama kali dalam Islam.

Tidak jauh darinya, terdapat Archeological Shield, yaitu rumah-rumah yang terbuat dari lumpur, dengan jalan setapak terbuat dari bebatuan.

(6) Pegunungan Fifa (Al-Fifa) – Jizan
Salah satu pemandangan paling indah yang bisa dinikmati oleh mata di Arab Saudi adalah Pegunungan Fifa, terutama bagi mereka yang mencintai alam pegunungan.

Fifa terletak di sebelah timur wilayah Jizan, yang merupakan kelompok gunung yang saling melilit.

Jika Anda penggemar petualangan dan pendakian gunung, maka tidak boleh melewatkan wilayah ini dari daftar tujuan wisata yang harus dikunjungi.

Tampak sekilas seperti piramida gunung berliku, yang dapat memotivasi Anda untuk lebih banyak menemukan keajaibannya.

Al-Fifa

(7) Fauhah Al-Waaba – Taif
Di padang pasir Saudi, ada salah satu penampakan menarik yang mungkin memberi kesan meteor telah jatuh di wilayah tersebut.

Wilayah “Kawah Horor” ini adalah kawah terbesar di Timur Tengah, dibentuk oleh aktivitas gunung berapi yang menyebabkan ledakan bawah tanah.

Karena itu, menghasilkan uap akibat kontak batuan cair dengan air tanah, yang sebelumnya ditandai oleh aktivitas vulkanik.

(8) Edge of the World – Riyadh
“Tepi dunia” atau “akhir pandangan,” sebagaimana penduduk setempat menyebutnya, merupakan salah satu tempat wisata paling indah di Arab Saudi yang sering dikunjungi oleh para pecinta alam dan petualangan.

Rangkaian gunung mahakarya Sang Pencipta, menjadikan lokasi ini patut dikunjungi, terutama di musim gugur dan musim dingin. Sementara musim panas, cuacanya bisa sangat ekstrem.

Lokasinya berjarak 90 km dari ibukota Riyadh. Areanya ditandai dengan pemandangan alam yang indah.

Konon, 50 juta tahun yang lalu tempat ini merupakan dasar laut besar yang menenggelamkan Semenanjung Arab hingga ke Syam.

Edge of the World

(9) Kampung Dzi ‘Ain al-Atsariyah – Al-Baha
Kampung ini merupakan tempat bersejarah, yang mencakup semua rincian masa lampau dan sejarahnya yang harum, yang membedakan pariwisata di Arab Saudi.

Merupakan salah satu yang tertua, seperti Kampung Dzi ‘Ain al-Atsariyah, berusia lebih 400 tahun.

Bentuk rumah-rumah kuno dan monumen-monumennya yang indah menjadikan kampung ini tempat yang cocok bagi penggemar penjelajah mahakarya dan peninggalan sejarah.

Di desa ini terdapat mata air, terletak di bawah kaki gunung yang tidak berhenti sepanjang tahun.

Kampung Dzi ‘Ain al-Atsariyah

(10) Taman Noura
Rawdah Noura terletak di utara Riyadh, salah satu area yang dapat dinikmati karena alamnya yang indah.

Taman ini berukuran cukup besar dan penuh dengan tanaman alami yang menyegarkan pandangan pengunjung.

Lokasi ini menjadi magnet yang menarik banyak wisatawan, terutama di musim semi, di mana alam menawarkan keindahan alaminya.

Rawdah Noura

((BERSAMBUNG))

Ditulis oleh: News Admin

Konten Terkait