Forbes: Ekonomi Arab Saudi Terbesar di Timur Tengah

  • 9 Agustus 2020
  • 777 views
Forbes: Ekonomi Arab Saudi Terbesar di Timur Tengah

Majalah “Forbes” Amerika menempatkan Kerajaan Arab Saudi sebagai ekonomi terbesar di Timur Tengah.

Kebijakan ekonomi Saudi dan di waktu yang tepat, yang memungkinkan mengembalikan ekonomi ke pertumbuhan pada tahun depan mencapai 3,6%.

Laporan Forbes mengindikasikan bahwa menaikkan VAT dari 5% menjadi 15% akan berdampak positif pada ekonomi Saudi.

Pada saat yang sama, Saudi mengumumkan serangkaian paket stimulus, yang nilainya melebihi $ 48 miliar, atau hingga 8% dari PDB Bruto non-minyak.

Kemudahan Investasi
Ada sejumlah alasan mengapa investor, UKM, dan pelaku bisnis optimis dengan masa depan Saudi, termasuk kemudahan berbisnis.

Terutama setelah Saudi menerapkan sejumlah reformasi komersial; yang menjadikannya 10 negara teratas yang menerapkan reformasi dalam menjalankan bisnis tahun ini.

Reformasi tersebut juga mengatrol posisi Arab Saudi dari peringkat 92 menjadi 62 dari 190 negara dalam laporan “Kemudahan Berbisnis Bank Dunia.”

Meningkatkan Kontribusi Sektor Swasta Terhadap PDB
Arab Saudi bermaksud meningkatkan kontribusi sektor swasta terhadap produk domestik bruto dari 40% menjadi 65% pada tahun 2030.

Saat ini terdapat sejumlah proyek yang sedang dibangun di Saudi, yang setalah selesai akan menjadi pendorong untuk diversifikasi ekonomi.

Terutama proyek NEOM, Laut Merah dan Bawabah Ad Diriyah, serta proyek , yang diumumkan sebagai kota hiburan.

Sektor Penting Pariwisata
Laporan Forbes juga menunjukkan bahwa pariwisata adalah salah satu sektor utama yang dilihat Saudi sebagai sumber pendapatan potensial.

Sebagai bagian penting dari visi 2030, sektor pariwisata adalah salah satu sektor yang paling diuntungkan dari reformasi Saudi,

Didorong visi Saudi untuk menggandakan daftar situs cagar budaya terdaftar di UNESCO.

Dana Moneter dan Menarik Investasi Global
Pemerintah Saudi telah mengembangkan Otoritas Investasi Umum, selain Dana Investasi Publik Saudi untuk memperluas ruang lingkup bidang pekerjaan selama beberapa tahun terakhir.

Ini berarti mengubah dana yang diinvestasikan dalam proyek dan perusahaan lokal menjadi entitas investasi global dengan menginvestasikan miliaran dolar di seluruh dunia. sabq

Ditulis oleh: News Admin