Arab Saudi: Kami Mendukung Solusi Internal Untuk Konflik Libya

Arab Saudi: Kami Mendukung Solusi Internal Untuk Konflik Libya

Pemerintah Saudi mengatakan, pada Selasa (35/8) malam, bahwa pihaknya mendukung dialog politik antara kedua pihak yang terlibat dalam konflik selama bertahun-tahun di Libya.

Diharapkan, dapat menghasilkan solusi dari dalam dan mencegah campur tangan eksternal.

Sebagaimana pernyataan dalam rapat kabinet reguler yang dipimpin oleh Raja Salman, Arab Saudi menegaskan kembali “menyambut pengumuman Dewan Presiden dan Parlemen di Libya dalam gencatan senjata.”

Kerajaan menegaskan “perlunya memulai dialog politik internal yang menempatkan kepentingan nasional Libya di atas semua pertimbangan.

Menetapkan solusi permanen yang berasal dari dalam yang menjamin keamanan dan stabilitas untuk persaudaraan rakyat Libya dan mencegah campur tangan asing yang membahayakan keamanan kawasan Arab.”

Pernyataan Saudi tersebut itu muncul setelah pernyataan serupa yang dikeluarkan oleh Kementerian Luar Negeri Saudi Jumat (21/8) lalu.

Hal ini sebagai sikap paska pengumuman Presiden Dewan Presiden Kesepakatan Nasional Pemerintah Libya, Fayez al-Sarraj, dan Ketua Parlemen Libya, Aguila Saleh, berkomitmen melakukan gencatan senjata di seluruh wilayah Libya.

Deklarasi gencatan senjata tersebut disambut luas oleh masyarakat internasional.

Sebagai harapan tercapainya penyelesaian politik yang dapat mengakhiri konflik bersenjata, kekacauan dan kerusuhan di negara tersebut, setelah jatuhnya rezim pemimpin Libya Muammar Gaddafi pada tahun 2011. erem

Ditulis oleh: News Admin