Raksasa Minyak Aramco Kembali Ke Posisi Puncak “the World’s Most Valuable Company”

  • 14 September 2020
  • 731 views
Raksasa Minyak Aramco Kembali Ke Posisi Puncak  “the World’s Most Valuable Company”

Saudi Aramco sekali lagi menjadi perusahaan “Perusahaan Paling Berharga di Dunia,” setelah kapitalisasi pasarnya naik ke atas “keteduhan” Apple Inc., di tengah penurunan saham teknologi AS.

Saham raksasa minyak Aramco naik 1,1% di Riyadh pada bulan ini, meskipun minyak mentah Brent turun 12% menjadi di bawah $40 per barel karena kekhawatiran percepatan infeksi virus korona meningkat.

Sedangkan Apple jatuh hampir 17% pada September. Ini hampir membawa saham ke wilayah “bear-market territory“- penurunan 20% dari puncaknya baru-baru ini – dengan nilai pasar perusahaan menurun menjadi $ 1,9 triliun dari $ 2,3 triliun.

Apple dan Aramco adalah dua perusahaan yang mencapai valuasi $ 2 triliun. Aramco, produsen minyak terbesar dunia, mencapai puncaknya di atas level tersebut pada pertengahan Desember, tak lama setelah rekor penawaran umum perdana.

Apple mengambil alih posisi teratas pada Juli ketika perusahaan teknologi melonjak di tengah stimulus moneter dan fiskal AS yang besar untuk melawan dampak virus.

Sebagian harga saham Aramco tahan banting, karena komitmen membayar dividen $ 75 miliar tahun ini. Ini berarti lima kali lipat lebih dari apa yang dibayarkan Apple kepada pemegang saham dalam empat kuartal terakhir.[]

Sumber: bloomberg

Ditulis oleh: News Admin

Konten Terkait