Foto: Semua Mendadak Hijau dan Atraksi Pesawat Tempur di Langit Arab Saudi

  • 23 September 2020
  • 1,082 view
Foto: Semua Mendadak Hijau dan Atraksi Pesawat Tempur di Langit Arab Saudi Riyadh

Warna hijau mendominasi berbagai sudut kota Arab Saudi, bukan karena pepohonan atau rumput. Tetapi pencahayaan lampu yang diatur sedemikian rupa.

Gedung-gedung bertingkat, termasuk di antaranya gedung pemerintahan, rumah sakit, mall, dan di sepanjang jalan utama di Saudi, warna hijau mendominasi.

Perubahan warna lampu kota tersebut bukan tidak disengaja, tetapi disiapkan menyambut Hari Nasional (National Day, اليوم الوطني) Arab Saudi yang ke-90.

Tepatnya tanggal 23 September, merupakan hari yang diperingati atas berdirinya Arab Saudi.

BACA: 90 Tahun “Yaum al-Wathan” Arab Saudi dan Fatwa Ulama

Peringatan ini juga akan dimeriahkan banyak hiburan, di antaranya atraksi pesawat terbang di 6 kota secara serentak Riyadh, Jeddah, Taif, Khobar, Abha dan Tabuk.

Pemerintah Indonesia, melalui KBRI Riyadh, menulis di akun FB-nya*:

Arab Saudi sejak tahun 2005 pada era Raja Abdullah bin Abdulaziz, rahimahullah, mulai memperingati Hari Nasional pada setiap tanggal 23 September.

Tanggal tersebut merupakan hari di mana nama KERAJAAN ARAB SAUDI (Al-Mamlakah al-Arabiyah al-Saudiyah) resmi ditetapkan sebagai ganti dari nama “Kerajaan Nejd dan Hijaz beserta Anneksnya (Mamlakah al-Najd wa al-Hijaz wa Mulhaqatiha).

Sesuai Dekrit Raja Abdulaziz bin Saud nomor: 2716 tahun 1932, menyusul keberhasilan penyatuan wilayah-wilayah Kerajaan yang memakan waktu lebih dari 30 tahun.

Sebagai dua negara yang sangat erat bersahabat, Pemimpin Republik Indonesia dan Kerajaan Arab Saudi saling berbalas ucapan selamat Hari Nasional masing-masing.

Raja Salman bin Abdulaziz dan Putra Mahkota Muhamad bin Salman mengirimkan ucapan selamat kepada Presiden Jokowi saat HUT RI 17 Agustus lalu.

Sebaliknya, Presiden Jokowi juga mengirimkan ucapan selamat Hari Nasional Arab Saudi kepada Raja Salman dan Putra Mahkota MBS.

Mari kita ucapkan selamat kepada rekan, majikan, kafil, kenalan, dan sahabat-sahabat terbaik kita dari Arab Saudi.

Semoga hubungan kedua negara semakin erat, kuat dan mendatangkan manfaat besar bagi kedua bangsa.

Arab Saudi sejak tahun 2005 pada era mendiang Raja Abdullah bin Abdulaziz mulai memperingati Hari Nasional pada setiap…

Posted by KBRI Riyadh on Tuesday, September 22, 2020

*) perubahan seperlunya

Ditulis oleh: News Admin

Konten Terkait